Selasa, 30 April 2013

Tingginya Populasi Etnis Rohingya Dianggap Biang Konflik

Rencana ini dikeluarkan oleh panel penyelidik dari konflik yang melibatkan warga etnis Rohingya dengan etnis Rakhine tahun lalu. Presiden Thein Sein menunjuk 27 orang untuk bergabung dalam panel tersebut.

Rekomendasi panel itu menyebutkan, Pemerintah Myanmar harus membatasi pertumbuhan dari warga Muslim Rohingya di wilayah yang kerap terjadi konflik sektarian. Adapun rekomendasi ini membuahkan kecaman dari aktivis yang menentang sikap Pemerintah Myanmar dalam caranya menangani konflik yang dialami pihak minoritas.

Isi dari rekomendasi panel tersebut sudah beberapa kali ditunda. Panel tersebut diisi oleh mantan tahanan politik, warga Islam, Kristen, Hindu, dan Budha di Myanmar. Tetapi panel tersebut tidak diisi oleh perwakilan dari etnis Rohingya.

Selain pengendalian pertumbuhan, rekomendasi itu juga menyebutkan penambahan pasukan Myanmar di wilayah yang rawan aksi kerusuhan. Selain mengakui adanya keterlibatan polisi dalam serangan terhadap Muslim Myanmar, rekomendasi itu turut menyebutkan bahwa etnis Budha Rakhine merasa terancam dengan pertumbuhan Muslim Myanmar yang biasa disebut Bengali.

Human Rights Watch pun mengecam keras rekomendasi dari panel tersebut. Menurutnya memaksa pembatasan populasi Muslim dalam jangka waktu panjang sangat memalukan.

"Amat memalukan membicarakan pembatasan pertumbuhan populasi dari satu kelompok masyarakat. Apakah aturan itu bisa diikuti oleh warga di lapangan, meskipun pemerintah mengaku warga bisa melakukannya dengan sukarela?" ujar Direktur HRW Asia Phil Robertson, seperti dikutip Telegraph, Selasa (30/4/2013).

Pihak panel komite itu sebelumnya sempat menjelaskan bahwa proses keluarga berencana ini harus dilakukan secara sukarela dan bertujuan untuk mendidik perempuan mengenai pilihan mereka.
Pemerintah Myanmar dianjurkan untuk membatasi pertumbuhan dari warga etnis Rohingya dengan memperkenalkan program keluarga berencana. Pemerintah Myanmar menilai tinggi jumlah warga Rohingya menjadi biang keladi konflik yang terjadi selama ini.

Baca Selengkapnya »

Menteri Kulit Hitam Pertama Italia Dikecam

 Cecile Kyenge menjadi menteri kulit hitam pertama di Italia. Penunjukan Kyenge pun mengundang protes dari kelompok konsevatif di negara itu.

Kyenge adalah perempuan keturunan Kongo. Dia menjadi warga negara Italia setelah menikahi seorang pria Italia.

 Dalam kabinet yang dipimpin Perdana Menteri Enrico Letta, Kyenge ditunjuk sebagai Menteri Integrasi. Dia bertugas untuk mengintegrasikan kelompok pendatang seperti dirinya ke dalam masyarakat Italia.

“Pemerintah bersikap munafik. Para pendatang seringkali berbuat kriminal tapi mereka mengabaikannya. Mereka justru terus memberikan hak-hak,” ujar politisi konservatif Italia Matteo Salvini.

“Kami akan melawan Kyenge di parlemen,” lanjut Salvini.

 Penunjukan Kyenge sendiri disambut baik oleh warga pendatang di Italia. Mereka menyebutnya sebagai tanda semakin diterimanya kelompok pendatang di Negeri Pizza itu.

“Ini adalah langkah maju menuju masyarakat Italia yang lebih beradab dan bertanggungjawab,” tukas pesepakbola nasional Italia keturunan Ghana, Mario Balotelli.

Baca Selengkapnya »

Polri Kerahkan Tim Cyber Crime Buru Susno Duaji


 Tim Cyber Crime Mabes Polri akan dilibatkan dalam proses pencarian buronan Kejaksaan Agung Susno Duadji.

Menurut Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol. Suhardi Alius, Polri berkomitmen untuk memperlancar proses eksekusi yang dilakukan oleh Kejaksaan. Suhardi mengatakan, tim Cyber Crime diterjunkan untuk melacak Susno Duadji lewat video yang beredar di YouTube.  "Semua sarana kita manfaatkan, sebagaimana juga kata pak Bareskrim sampaikan semua kita manfaatkan untuk mendukung tugas-tugas pelaksanaan," ungkap Suhardi di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Sayangnya, Jenderal Polisi Bintang Dua ini tidak menerangkan secara jelas lokasi yang dijadikan target pencarian mantan Kabareskrim tersebut. "Untuk lokasi kita belum bisa pastikan keberadaannya. Intinya, masih kita dalami," tuntasnya.

Sebelumnya, Susno Duadji mendadak muncul dalam sebuah tayangan video dengan judul yang sama dengan namanya. Video berdurasi 15 menit 34 detik itu diunggah Yohana Celia. Di bagian bawahnya ada deskripsi yang bertuliskan, "Jangan tuduh aku membangkang justru aku berjuang menegakkan hukum, kebenaran, dan keadilan."

Dalam video itu, Susno juga mengatakan sedang berada di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat I. Video muncul setelah hari ini Kejaksaan Agung mengumumkan surat penetapan Susno Duadji sebagai daftar pencarian orang (DPO). Surat dikirim ke Mabes Polri dan Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia.

Baca Selengkapnya »

Ical Tidak Khawatir Isu Lapindo Dipolitisasi Lawan Politik

 Majunya Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, sebagai calon presiden 2014 kemungkinan terganjal oleh permasalahan lumpur Lapindo. Apalagi, urusan ganti rugi hingga saat ini tak kunjung selesai.

Tapi, menurut pria yang akrab disapa Ical itu, persoalan lumpur Lapindo tidaklah berpengaruh besar. Ia justru mengaku khawatir dengan persoalan lainnya. "Jadi Lapindo, kalau betul ada satu masalah yang harus diselesaikan, tetapi efeknya kecil. Lebih besar ISL (Indonesia Super-League)," ujar Ical di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Ical menceritakan, ISL lebih berpengaruh ketimbang Lapindo. Dikatakannya, penayangan ISL sempat diacak oleh dua media televisi miliknya (ANTV dan TVOne) karena persoalan keuntungan perusahaan. Persoalan ini sempat menuai kekecewaan dari masyarakat.

"Setelah dibereskan, banyak masyarakat yang berterima kasih. Saya bilang kepada mereka (ANTV dan TVOne) berapa sih keuntungannya dan tambahan kalian, ternyata keuntungan tambahannya jauh lebih kecil daripada kemauan masyarakat. Setelah diproses, yang terima kasih kepada saya luar biasa," jelasnya.

"Saya enggak khawatir isu itu akan digunakan lawan politik," ungkapnya.

Ical mengungkapkan, caleg yang diusung oleh Partai Golkar telah melalui survei di 77 daerah pemilihan, dan banyak nama-nama lama yang muncul kembali dalam survei tersebut. "Kan survei saya selama ini paling tidak, empat besar. Kadang-kadang tiga besar, kadang-kadang nomor satu. Kalau Lapindo ada masalah, itu pasti akan turun. Tapi, kenyataannya tidak," tutup Ical.

Baca Selengkapnya »

Kedai Prapto ---Kedai Kuliner Pas Mantap---


Jelajah Kuliner Lumajang kali ini mampir di Kedai Prapto, yang beralamat di Jl. Brigjen Katamso (Toga) di lampu merah Toga. Beragam menu bisa di pilih di kedai dengan nuansa yang sangat familiar dan akrab ini, diantaranya Ayam Kampung Prapto, Beby Gurame, Lalapan Tempe, Bebek Prapto, Bandeng Presto hingga berbagai kudapan yang menantang untuk di coba kelezatannya seperti yang sangat uni di kedai ni ada Rujak Ice Cream, Jus Sehat, Kopi Prapto, Lemon Tea, Roti Bakar dan Kentang Goreng.
Suasana yang asik dan bersahabat juga dengan harga yang sangat terjangkau ini menjadi daya tarik para penggemar kuliner untuk menyempatkan mampir dan menyantap aneka menu nya. Yang ingin telpon-telpon dulu atau reservasi tempat bisa menghubungi no.0334-885472 atau 085231163100.

Baca Selengkapnya »

Daftar Tujuan Wisata Di Lumajang

AGRO:

  1. Hutan Bambu (Desa Penanggal, Kec. Candipuro 23 Km dr Pusat Kota),
  2. Kebuh Teh Gucialit (Desa Kertowono, Kec. Gucialit, 17 Km dr Pusat Kota),
  3. Kebun Kopi,
  4. Kebun Pisang,
  5. Kebun Manggis,
  6. Agro Bunga Yosowilangun,
  7. Agro Royal Family Pasrujambe  ,

ALAM:
  1. Gunung Semeru,
  2. Gunung Lemongan,
  3. Ranu Pane,
  4. Ranu Regulo,
  5. Ranu Kumbolo,
  6. Ranu Pakis,
  7. Ranu Klakah,
  8. Ranu Bedali,
  9. Goa Tetes,
  10. Pemandian Alam Selokambang,
  11. Pemandian Alam Sumbersari,
  12. Pemandian Alam Jarit,
  13. Pemandian Alam Sememu,
  14. Coban Pawon,
  15. Coban Manggis
  16. Coban Bedhug
  17. Coban Sobyok
  18. Coban Kedung Guwo
  19. Loji
  20. Watu Klosot
  21. Taman Lumut
  22. Tebing Militer

ALTERNATIF:
  1. Waterpark KWT
  2. Alun-alun Kota
  3. Pusat Pengrajin Perak
  4. Kampung Batik Kunir
  5. Kampung Batik Yosowilangun
  6. PG Djatiroto
  7. Pasar Buah Ranuyoso
  8. Gladak Perak

BAHARI:
  1. Pantai Paseban
  2. Pantai Wotgalih
  3. Pantai Parupa
  4. Pantai Watu Pecak
  5. Pantai Bambang
  6. Pantai Dampar
  7. Pantai Tlepuk
  8. Pantai Watu Godeg
  9. Pantai Watu Gedeg
  10. Pantai Bulurejo
  11. Kampung Buaya

BUDAYA:
  1. Tari Glipang
  2. Tari Godril
  3. Tari Jaran Slining
  4. Tari Topeng Kaliwungu
  5. Harjalu
  6. Piodalan

KULINER:
  1. Pusat Jajan Rakyat (PJR)
  2. Artagana (Area Wisata Gajah Mada)
  3. LSS (Lesehan Stadion Semeru)
  4. Kuliner Tukum

RELIGI:
  1. Masjid Agung Anas Makhfud
  2. Pura Mandara Giri Semeru Agung
  3. Pura Ranu Pane
  4. Pura Petirtan

SEJARAH:
  1. Situs Biting
  2. Candi Alun-alun
  3. Plakat Soe Hok Gie
  4. Makam Mbah Tamboh
  5. Makam Minak Koncar
  6. Makam Mbah Dipo

Baca Selengkapnya »

Kiki Kedai Mie B'ayam

 Apa kabar pecinta kuliner? Masih seputar kuliner yang ada di Lumajang, Yang berikut ini kuliner yang bisa jadi pilihan pecinta kuliner di Lumajang atau yang tengah berkunjung ke Lumajang.
Namanya, Kiki Kedai Mie B'ayam. Meski kuliner kami masih seputar mie, namun kali ini berbeda. Mie yang kami icip-icip kali ini berbahan dasar sayur bayam. Otomatis, warna mie-nya hijau. Inilah keunikan yang pertama. Selanjutnya, mie ini tanpa bahan pengawet maupun vitsin. Nah lho...tambah sehat kan. Makanya, kami sengaja menyajikan kuliner ini untuk Kamu agar penasaran dan ingin segera icip-icip.
 
Kiki Kedai Mie B’ayam ini berdiri sejak 31 Oktober 2011. Berlokasi di ruko depan kampus STKIP PGRI Jalan Ahmad Yani Gombleh Lumajang, Maka tak heran kalau, spot kuliner yang satu ini menjadi jujugan kawula muda baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. Sanking ramainya, stok 80 porsi yang disediakan terjual habis sebelum jam tutup.
Sajian mie yang ditawarkan ada 2 yakni mie original (Rp 4500) dan mie bakso (5500). Cukup terjangkau untuk kocek kawula muda. Termasuk kami yang diberi kesempatan untuk mencicipi lezatnya mie hijau ini. 
Dari aroma awal sejak pertama kali disajikan, bau sedapnya terasa. Apalagi dengan aroma hijaunya bayam. Tak sampai di situ, kami pun mencoba untuk menyantap langsung. Dan rasanya, huah...bikin lidah bergoyang. Apalagi ditambah dengan kriuk dari krupuk pangsit. Wihhh..tambah nyummy.
 
Uniknya, sajian mie bayam ini dibungkus dengan mangkok yang terbuat dari krupuk pangsit. Jadi, mangkoknya bisa dimakan sekaligus. Tak rugi deh, kalau Kamu menikmati mie yang satu ini. 
Tekstur dari mie yang lebut dan kenyal membuat spot ini dirindukan dan dijadikan rekomendasi kuliner oleh para pelanggannya, termasuk kami. Tak sampai di situ, di kedai ini Kamu juga bisa baca-baca komik dan novel secara gratis. Jadi, selain mengisi perut, juga bernutrisi bagi otak. Pokoknya, sip deh...patut dikunjungi kuliner ini. Kamu juga bisa pesan dan diantar ke tempat kamu. Coba deh cek info lengkapnya di blog Kedai Kiki

Baca Selengkapnya »

Pondok Asri Sukodono

 Warung Apung Pondok Asri, Ramah Lingkungan Dibangun dengan nuansa yang sangat berbeda, penuh dengan suasana alami pedesaan. Gubuk — gubuk mungil beratap jerami yang mengering ini, menambah “krasan” mereka yang datang berteduh disana. Apalagi, gubuk — gubuk ini berdiri diatas kolam ikan yang cukup luas sehingga terkesan terapung diatas air.
Inilah wujud dari sebuah rumah makan, yang bernama WARUNG APUNG PONDOK ASRI yang beralamatkan di Jl. Soekarno Hatta — Sukodono Kab. Lumajang. Atau 2 Km sebelum memasuki kota Lumajang dari arah Surabaya. Begitu masuk areal rumah makan ini, terasa lebih dingin dan asri karena berada dihamparan bekas tanah persawahan dan lengkap dengan aneka pohon dan bunga. Disekitar pondok — pondok tempat menikmati hidangan ini, juga banyak aneka jenis pohon dan bunga serta patung patung binatang  raksasa.
Kesan ini, sengaja dimunculkan pihak Pengelola Warung Apung ini, agar mereka yang datang menikmati hidangan kuliner ini menjadi betah dan krasan serta terlama — lama disini. Suasana alam yang ramah ingkungan ini, tentu saja membuat iapapun terpikat dan biasanya nereka selalu mengajak keluarga itau relasi bisnisnya untuk nenikmati aneka masakan yang tersedia.

Selain “gubuk-gubuk” tempat bersantap makanan, juga terdapat ‘hall” atau aula yang sangat besar ian biasa digunakan untuk acara —cara resmi, mulai dari pernikahan, jertemuan kantor dan berbagai event lainnya.

Pihak pengelola Pondok Asri, sengaja mendesign tempat ini sedemikian indah, agar para kuliner ini bisa enjoy menikmati hidangan, lumlah meja tempat untuk makanan tersedia cukup banyak dan bisa menampung ratusan orang yang datang. Untuk memaksimalkan pelayanan, tentu saja tidak sedikit karyawan yang dipekerjakan disini. Prinsipnya,pelayanan cepat, ramah dan memuaskan.
Warung Apung Pondok Asri di wilayah Kecamatan Sukodono ini, benar — benar membawa ikon Lumajang sebagai kota wisata. Ini terbukti tamu — tamu yang datang tidak hanya dari Lumajang saja, tetapi dari sejumlah daerah lainnya.
Termasuk siap untuk memberikan pelayanan untuk para wisatawan manca negara yang ingin “menjajal” kuliner khas asal Lumajang. Soal menu, tidak diragukan lagi karena bannyaknya pilihan makanan yang tersedia, mulai dari seafood, masakan lokal yang khas dengan sambal “garang”nya atau sayur — sayuran segar yang semuanya berasal dari Lumajang.

Sangat sayang, kalau mereka yang berkunjung wisata di Lumajang, tidak mampir di Warung Apung Pondok Asri, karena semua masakan yang nikmat dan segar ini,menanti kehadiran anda. Selamat mencoba.

Baca Selengkapnya »

Senin, 29 April 2013

Ranu Kumbolo

  Lumajang memang dikenal dengan Puncak Semerunya yang megah dan tertinggi di pulau jawa, Dan Obyek wisata Ranu ini berada di kaki gunung berapi yang masih aktif itu. 3 (tiga) Ranu/danau ini terletak di lereng Gunung Semeru. Para pendaki yang akan ke puncak Semeru pasti melewati 3 danau ini. 2 Danau yaitu Ranu Pane dan Ranu Regulo terletak di desa Ranu Pane lereng bawah dan merupakan awal pendakian, atau di check point sebelum melakukan pendakian,  sedang Ranu Kumbolo terletak di lereng atas setelah perjalanan 5 jam dari Ranu pane atau 3 jam untuk mereka yang sudah berpengalaman hiking atau melakukan pendakian, jalur menuju ranu ini relatif bagus, bahkan sekitar 3 km di paving walaupun kodisinya bnyk yang sudah rusak dan tertimbun lonsoran kecil tebing tanah di sepanjang track.

Baca Selengkapnya »

Goa Tetes

 Goa Tetes merupakan wisata goa yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam. 
Dinamai Goa Tetes karena di goa ini hampir diseluruh permukaan dinding atas goa banyak tetesan-tetesan air yg indah mengalir di stalagnit tersebut.
Terletak di desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo jarak tempuh dari kota Lumajang 55 Km ke sebelah Selatan, dan hampir berbatasan dengan wilayah Kabupaten Malang, mudah dicapai dengan kendaraan roda dua / empat, satu jalur dengan obyek wisata Piket Nol, selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuruni tangga sepanjang  3 Km untuk sampai ke mulut goa, dengan medan yang cukup menantang.
Banyak dikunjungi oleh muda mudi dan dipercaya masyarakat dapat mempersatukan kembali keretakan rumah tangga.

Baca Selengkapnya »

Selokambang

 Pemandian Alam Selokambang ( sumber air bukan PDAM) terletak di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersoko, jarak tempuh dari kota Lumajang  7 Km kearah Barat, 15 menit perjalanan dapat ditempuh segala macam kendaraan. Merupakan obyek wisata andalan yang dipercaya masyarakat, bahwa mandi di pemandian tersebut dapat menyembuhkan penyakit reumatik. DAn air alaminya yang bersuhu dingin.
Aktivitas yang dapat dilakukan selain olah raga renang, juga dapat menikmati sarana permainan anak, berperahu, sepeda air, olah raga tennis.
Berbagai macam kedai yang menjanjikan makanan tradisional siap untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga disamping itu ditunjang areal parkir yang cukup luas dan representatif

Baca Selengkapnya »

Jalur Lumajang-Dampit Tertutup, Setelah Batu Besar Longsor

 Ditengah usaha BPBD Lumajang menurunkan batu-batu besar dilereng Piket Nol, malam ini (28/4 jam 22.37) sebuah batu berdiameter cukup besar kembali runtuh. Karena besarnya ukuran batu tersebut alat berat yang sedianya akan mengevakuasi batu tersebut tidak mampu berbuat banyak, sehingga akhirnya diputuskan untuk menutup sementara jalur selatan dari Lumajang menuju Malang.
"Kita nggak punya pilihan lain mas, karena kalau batunya kecil bisa kita pinggirkan dengan alat berat yang masih bekerja disini. Masalah ini cukup besar, sehingga kita tunggu besok saja untuk mengusahakan agar batu besar ini bisa kita pindahkan dari badan jalan," kata salah seorang petugas disana.
Akibat runtuhnya batu besar ini kendaraan yang terlanjur masuk kekawasan ini terpaksa harus menunggu hingga batu besar tersebut bisa dipindahkan. Antrian kendaraanpun terjadi walaupun tidak terlalu panjang. Hal ini terjadi karena pihak kepolisian sudah melakukan koordinasi sebelumnya, dan menyatakan jalur Malang Selatan yang melewati piket nol sewaktu-waktu bisa ditutup karena lonsgor.
Sementara usaha untuk meruntuhkan batu-batu besar lainnya terus dilakukan sejak siang tadi. Namun sekitar pukul 22.37, sebuah batu berukuran besar, tanpa diduga sebelumnya runtuh dan jatuh dibadan jalan. Untungnya aparat kepolisian sejak siang memang berjaga dilokasi ini, sehingga dengan cepat informasi tentang longsoran ini bisa segera disebarkan luaskan.
Salah seorang facebooker bahkan mengunggah foto batu yang runtuh ini, sekaligus menghimbau kepada masyarakat Lumajang dan Malang untuk tidak melanjutkan perjalanan jika akan melintas dikawasan ini, karena untuk sementara masih ditutup.
Belum diperoleh kepastian sampai jam berapa jalur ini akan ditutup, karena tampaknya untuk memindahkan batu yang cukup besar ini diperlukan peralatan yang memiliki kekuatan besar, karena ukuran batunya cukup besar.

Baca Selengkapnya »

Selasa, 23 April 2013

Parpol Gunakan Pesohor untuk Menarik Pemilih


Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengawali mendaftarkan bakal calegnya ke KPU pada 16 April. Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendaftarkan bakal caleg ke KPU pada Minggu.

Pada hari terakhir bagi parpol untuk mendaftarkan bakal caleg ke KPU, Senin (22/4), delapan parpol mendatangi KPU. Dimulai dengan Partai Nasdem serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Selepas tengah hari, secara bergiliran Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Partai politik umumnya menampilkan para pesohor, seperti artis dan tokoh populer, untuk mendapatkan suara di Pemilihan Umum 2014. Hal ini tampak pada nama bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum.

Sejumlah partai memiliki bakal caleg dari kalangan artis yang relatif banyak. PKB, misalnya, memiliki sekitar 40 bakal caleg dari kalangan artis. Beberapa nama itu antara lain Arzeti Bilbina, Tommy Kurniawan, Saleh Ali ”Said Bajuri”, Krisna Mukti, Putri Nere, Reza Herlambang, Gita ”KDI”, Akri ”Patrio”, dan Aditya ”Sayuti”. Ada pula keluarga pedangdut Rhoma Irama, seperti Vicky Rhoma, Ridho Rhoma, dan Deddy Irawan.

Di PPP, selain model Okky Asokawati dan Ratih Sanggarwati, yang sudah lama menjadi politisi PPP, muncul pula Mat Solar dan Angel Lelga. PDI-P mengusung Yessy Gusman, Nico Siahaan, Sony Tulung, Edo Kondologit, dan Rieke Diah Pitaloka. Adapun PAN menyiapkan Ayu Azhari, Jeremy Thomas, Dwiki Darmawan, Desi Ratnasari, dan petenis Yayuk Basuki. Partai Gerindra mencalonkan antara lain Irwansyah, Jamal Mirdad, Rachel Maryam, Bella Saphira, dan Rahayu Saraswati. Ada pula Riefian, personel band Seventeen asal Yogyakarta; M Rachman, juara tinju IBF dan WBA; serta pebalap Moreno Suprapto. Dari kalangan tokoh masyarakat ada nama Bondan Winarno. PBB mengusung Susno Duaji, mantan Kepala Bareskrim Polri yang divonis tiga tahun enam bulan penjara dalam perkara korupsi penanganan PT Salmah Arowana Lestari dan penyelewengan dana pengamanan pilkada Jawa Barat. PBB menyiapkan pula mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Saharuddin Daming, dan Ketua Forum Umat Islam M Al Khotob.

Hanya PKS
Yang menarik adalah PKS adalah satu-satunya parpol yang tidak menggunakan publik figur atau artis untuk menggenjot perolehan suaranya, karena “PKS adalah partai yang menghasilkan tokoh bukan tokoh yang menghasilkan partai” ujar Presiden PKS Anis Matta dalam Milad PKS ke-15 di Semarang beberapa hari lalu

Bidik pemilih luar negeri
Sejumlah partai membidik suara dari pemilih di luar negeri. PKS, misalnya, menargetkan minimal satu kursi DPR 2014-2019 diperoleh dari suara pemilih luar negeri. Sekjen DPP PKS Taufik Ridho mengatakan, PKS mempunyai Pusat Informasi dan Pelayanan di 22 negara dengan jumlah kader sekitar 7.000 orang. (ina/RAZ/edn/osa/ZAL/PO/HEN/ELD/WIE/SIR/ILO/RUL/WHO/WER/TIF)
  

Baca Selengkapnya »

Pendaftaran Caleg Resmi Ditutup


Tuntas sudah tugas KPUD Lumajang untuk menerima pendaftaran calon anggota legislatif periode 2014-2019 pada hari Senin (22/04) kemarin.

PKS partai yang mengawali pendaftaran caleg
Parpol pertama yang datang ke KPU Lumajang untuk mendaftarkan Calegnya pada 17 April 2013 adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kemudian beberapa hari kemudian disusul oleh partai-partai yang lain.

Sementara itu Yuyun Baharita, satu-satunya anggota komisioner KPU Lumajang yang ada saat pendaftaran terakhir mengatakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sekitar pukul 16.00 Wib pendaftaran Bacaleg  ditutup. " Jika sampai waktu yang ditentukan tidak ada yang mendaftar lagi maka tidak ada toleransi bagi partai yang telat mendaftar, karena itu merupakan sebuah ketetapan yang harus dipatuhi partai," ujarnya.

Baca Selengkapnya »

Satu Siswa SMPN 1 Lumajang Absen UN


Pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat, di SMP Negeri 1 Lumajang, Jawa Timur, berjalan dengan lancar.  Naskah ujian soal didistribusikan dan tiba disekolah tepat waktu. Tidak ditemukan kekurangan naskah soal atau tertukar.

Kepala Sekolah SMPN 1 Lumajang Agus Salim menjelaskan, sebanyak 159 siswa mengikuti ujian namun satu orang tidak dapat mengikuti ujian karena harus dirawat di salah satu rumah sakit di Lumajang.

“Kebetulan  ada satu orang yang tidak masuk. Kemarin,  Sabtu pukul 14.00WIB, orang tua memberitahu  bahwa siswa kami di opname untuk penyakit  tyipes di RS Lumajang dan tidak bisa ikut UN,” kata Agus Salim, kepada Pro 3 RRI, Senin (22/4/2013).

Selanjutnya pihak sekolah telah mengirimkan surat terkait dengan sakitnya salah seorang siswa di SMPN 1 Lumajang ke dinas pendidikan dan nantinya dapat dikeluarkan surat untuk mengikuti ujian susulan. SMPN 1 yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, merupakan salah satu sekolah unggulan di Lumajang.
Hari ini, Senin 22 April 2013 sebanyak 3,7 juta siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat di 51 ribu lebih sekolah di Indonesia, akan mengikuti ujian nasional (UN) 2013. (Sgd/Karyantoni/AKS)

Baca Selengkapnya »

Senin, 22 April 2013

7 Parpol Belum Serahkan Daftar Caleg, KPU Pusat Masih Sepi

Hari ini, sejumlah partai politik (parpol) dijadwalkan akan mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS).
 

Sampai hari ini, tercatat hanya empat parpol yang telah menyerahkan DCS ke KPU. Mereka adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Golkar, serta Partai Hanura.

Hari ini adalah hari terakhir batas penyerahan DCS sejak dibuka pada tanggal 9 April lalu. Pantauan Okezone di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2013), sejumlah petugas aparat keamanan juga disiagakan di lokasi untuk mengamankan kedatangan seluruh parpol yang belum menyerahkan DCS.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada satupun pengurus parpol yang datang. Tercatat, parpol yang belum menyerahkan DCS adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Baca Selengkapnya »

Gempa China: 208 Orang Tewas, 11 Ribu Terluka

Sampai Minggu malam, 21 April 2013, gempa di Sichuan, China, telah membunuh 208 orang dan 11 ribu lainnya luka. Operasi penyelamatan masih terus dilakukan di provinsi di timur laut China itu.

Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter ini terjadi di Ya'an dan Lushan, menghancurkan jalan, infrastruktur dan perumahan. Akibatnya, lalu lintas ke kawasan utama terdampak gempa sulit ditembus.

Petugas penyelamat nyaris frustrasi mencari cara mengakses Lushan dan desa-desa di sekitarnya. Ratusan polisi dikerahkan, 18 ribu tentara sudah dikirim.

Kementerian Luar Negeri China mengucapkan terima kasih atas tawaran bantuan dari negara lain, menyatakan China masih bisa menangani sendiri.

Di Lushan, dokter dan perawat menangani orang di langit terbuka atau tenda di halaman rumah sakit, di antara pecahan kaca dan tembok yang runtuh. Pasokan air dan listrik terputus, namun syukurlah musim semi agak hangat.

Perdana Menteri Li Keqiang menuju lokasi bencana dengan menaiki helikopter, menghibur korban, berdialog dengan penyelamat. "Pemerintah akan menangani semua biaya yang terluka," katanya.

Wakil direktur badan penanganan bencana kota Ya'an, menyatakan korban tewas hanya akan bertambah sedikit. Ya'an, kota berpenduduk 1,5 juta, merupakan salah satu tempat kelahiran tradisi minum teh China. Kota ini juga pusat perlindungan panda.

Baca Selengkapnya »

Korban Pencabulan Anggota Dewan Dibayar Rp 2 Juta

Anggota DPRD Kabupaten Sampang dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Moch Hasan Ahmad alias Ihsan (44), memberikan uang sebesar Rp 2 juta kepada setiap korbannya. Uang tersebut disebutnya sebagai nafkah.
Namun, setiap korbannya tidak menerima utuh uang Rp 2 juta karena dipotong mucikari yang nilainya beragam dari Rp 100 hingga 350 ribu.
''Jadi, kedua mucikari, yakni yakni Dea Ayu (20) dan Dini Rahmawati (22), mengambil untung dari praktik ini,'' kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Hilman Thayib, Senin (15/4/2013).
Dalam praktiknya, pelaku melakukan nikah siri kepada sembilan korbannya. Menurut pelaku, langkah ini untuk menghindari dosa secara agama. ''Nikah siri kepada para korban dilakukan di dalam mobil. Cukup dengan mendatangkan seorang tokoh agama dan dua orang saksi,'' jelasnya.
Aksi wakil rakyat warga Desa Samaran, Kecamatan Tambelengan, Sampang Madura, ini terlacak jajaran Satreskrim Polrestabes Surabaya beberapa waktu lalu di Hotel Pitstop, Jalan Semut Baru Surabaya. Dalam penangkapan, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya berupa tanda pembayaran hotel, uang tunai sebesar Rp 1,2 juta, dan sejumlah telepon seluler yang berisi bukti percakapan via SMS antara ketiga tersangka.
Aksi bejat pelaku dilaporkan tiga korbannya yang masih di bawah umur, yakni ASR (16), NTC (16), dan SDH (16). Ketiganya adalah warga Surabaya dan masih berstatus pelajar SMP. Ketiga tersangka kini masih diperiksa intensif di Mapolrestabes Surabaya dan terancam hukuman 15 tahun penjara karena terjerat Pasal 81 dan 82 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Baca Selengkapnya »

Akibat Terlalu Tampan, 3 PemudaDitahan Polisi Syariah Saudi


 Sebuah festival kebudayaan Timur Tengah Genaderia di ibu kota Arab Saudi yang digelar pada Minggu (14/4/2013) memicu sebuah insiden ketika polisi Syariah Arab Saudi "menyerbu" gerai milik Uni Emirat Arab.

Para polisi syariah itu kemudian menahan tiga pemuda Uni Emirat Arab dengan alasan ketiga pemuda itu "terlalu tampan". Demikian dikabarkan situs berita Arab Saudi, Elaph.

"Seorang petugas festival mengatakan, tiga warga Emirat dibawa pergi karena mereka dianggap terlalu tampan. Polisi Syariah khawatir ketampanan mereka bisa membuat para perempuan yang datang ke festival bergunjing dan menyukai mereka," demikian lapor Elaph.

Ketiga pemuda "tampan" itu dikabarkan langsung dideportasi dari Arab Saudi ke Abu Dhabi.

Ternyata insiden di gerai milik Uni Emirat Arab tak hanya melibatkan tiga pemuda tampan itu, tetapi juga melibatkan penyanyi perempuan terkenal UEA, Aryam.

Aryam mengakui dia memang berada di paviliun UEA dan tidak berniat untuk bernyanyi.

"Saya memang mengunjungi paviliun UEA sebagai anggota delegasi. Saya berada di sekitar 20 detik dan tidak berniat bernyanyi," papar Aryam.

Aryam, yang kelahiran Mesir, mengaku diundang oleh Kementerian Budaya dan Pariwisata Abu Dhabi saat insiden terjadi. Polisi Syariah langsung mendatangi paviliun UEA saat Aryam menyapa penggemarnya dan sedikit melantunkan lagu untuk mereka.

Namun, perwakilan UEA dalam festival itu mengatakan kunjungan Aryam sama sekali tidak direncanakan.

"Kunjungan Aryam murni di luar jadwal karena tidak termasuk dalam jadwal program yang kami serahkan ke panitia festival," kata Ketua delegasi UEA, Saeed Al Kaabi.

Gubernur Riyadh sudah memerintahkan penyelidikan atas kasus ini.

Baca Selengkapnya »

Ibas Dicalegkan Lagi, Ini Komentarnya

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas kembali masuk dalam daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) pada Pemilu 2014. Ibas yang sebelumnya mundur sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu mengaku ingin bisa berbuat untuk masyarakat.

"Hari ini saya sebagai kader Partai Demokrat kembali dipercayai oleh institusi yang sudah membesarkan saya yaitu Partai untuk kembali dicalonkan sebagai anggota DPR RI. Insya Allah, ya hal itu akan saya wujudkan dan saya akan berbuat yang terbaik terhadap masyarakat yang ada di Indonesia," ujar Ibas seusai menyerahkan DCS di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2013).

Ibas kembali menegaskan, alasan mundur dari DPR saat itu dikarenakan kondisi Partai Demokrat yang sedang bermasalah. Untuk itu, dia memilih fokus mengurus Partai. Dia berharap di tahun mendatang tidak ada masalah besar yang mengguncang Partai Demokrat.

"Saat itu ada kondisi yang mengharuskan saya keluar dari DPR untuk membenahi sekaligus bekerja keras membangun Partai Demokrat. Ya, ketika itu terguncang atas segala isu dan masalah," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan, Ibas pernah memperoleh suara terbanyak pada Pemilu tahun 2009 di daerah pemilihan Jawa Timur VII. Pada Pemilu kali ini, Ibas diharapkan dapat kembali meraih suara terbanyak.

"Sekjen kami pernah meraih suara terbanyak. Semoga akan meraih suara terbanyak kedua kalinya," terangnya.

Pengunduran diri Ibas

Sebelumnya, Ibas menyatakan mundur sebagai anggota Komisi I DPR pada 14 Februari 2013. Ibas mundur karena ingin fokus mengurusi partainya. "Saya sadari betapa penting dan mulianya tugas menjadi anggota DPR. Sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, saya memikul tugas dan punya tanggung jawab yang tidak ringan, apalagi partai ini tengah mendapat tantangan yang berat dewasa ini," ujar Ibas.

Dengan kondisi seperti itu, maka Ibas pun memilih mundur dari DPR. "Secara resmi saya mundur dari keanggotaan saya sebagai anggota DPR RI. Saya akan konsentrasi untuk jalankan tugas sebagai Sekjen Partai Demokrat," ujar Ibas.

Ia juga sempat mengutarakan permintaan maafnya kepada warga di daerah pemilihannya di Jawa Timur VII yang selama ini mendukungnya. Di wilayah itu, Ibas berhasil mendapatkan perolehan suara tertinggi se-Indonesia dengan jumlah 327.097 suara.

Baca Selengkapnya »

Kamis, 18 April 2013

Percaya Hari Baik, PPP Serahkan DCS 22 April

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara serentak akan menyetorkan daftar calon sementara (DCS) ke KPU di seluruh tingkatan pada 22 April nanti. Hari terakhir penyerahan DCS itu dipilih, karena PPP meyakini tanggal 22 sebagai angka kembar akan membawa kebaikan.

"Tanggal 22 angka kembar, semoga membawa kebaikan. Diserahkan semuanya pukul 09.00 pagi, sesuai nomor urut kami nomor sembilan," kata Ketua Bappilu PPP, Fernita Darwis, di kantor KPU, Jakarta, Rabu (17/4).

DCS, lanjut Fernita, akan diserahkan langsung oleh pimpinan PPP. Mulai dari ketua umum, wakil ketua, sekjen, hingga ketua DPP. Beberapa caleg dengan nomor urut satu juga diwajibkan untuk turut serta mengantarkan berkas pencalegan tersebut. PPP optimis semua persyaratan pencalegan dapat dipenuhi dengan baik.

Sementara untuk target perolehan suara, partai berlambang kabah itu optimistis bisa meraih 15 persen suara di seluruh Indonesia. Untuk kursi di DPR, menurut Fernita, PPP membidik 70 kursi, dua kali lipat lebih banyak dibanding kursi PPP di parlemen saat ini.

Dengan mengandalkan tokoh-tokoh potensial partai, tokoh-tokoh masyarakat, hingga deretan artis, PPP yakin target tersebut bisa direalisasikan. Apalagi, pada pileg 2014 jumlah peserta semakin sedikit. Mereka hanya bersaing dengan 11 parpol lainnya.

Baca Selengkapnya »

Yenny Wahid Batal Masuk Demokrat, SBY Tetap Mendo'akannya

Batalnya Yenny Wahid masuk Partai Demokrat memunculkan sejumlah berita yang dianggap simpang siur. Karena itu pula, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Umum Partai Demokrat sampai harus menggelar konferensi pers mendadak di Kantor Presiden, Rabu malam (17/4). 
SBY menegaskan tidak ada tawar menawar politik apalagi mengiming-imingi jabatan kepada Yenny ataupun permintaan putri mendiang Gus Dur itu untuk jabatan tertentu. 
"Pemberitaan itu merugikan Yenny dan saya sendiri seolah-olah ada tawar menawar," kata SBY. 
SBY mengakui sempat ada pertemuan antara Yenny sebanyak dua kali yakni di Cikeas dan di Bali belum lama ini. Pembicaraannya seputar dunia politik ke depan. 
Meski awalnya ada niatan masuk Partai Demokrat, tapi setelah berkonsultasi dengan kyai Nahdlatul Ulama (NU), Yenny menganggap lebih baik tidak bersama-sama dalam Partai Demokrat. 
"Saya menghormatinya. Dan saya menghargai pilihan seperti itu. Saya doakan Mbak Yenny memiliki kareir politik yang baik ke depan," ujar SBY.

Baca Selengkapnya »

Polres Lumajang Adakan Penandatanganan MoU Untuk Tertibnya Pelaksanaan Pilkada.

 Bertempat di Mapolres Lumajang Jl. Alun-alun utara, hari ini (kamis,18/04) Polres Lumajang menyelenggarakan Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan berbagai elemen pelaksana dan peserta Pilkad Bupati dan Wakil Bupati 2013 mendatang, dan juga sosialisasi tentang penegakan hukum terkait dengan Pilkada dan tahapan-tahapannya. Agenda ini dianggap sangat penting mengingat perhelatan Pilkada Lumajang pada 29 Mei 2013 ini sudah sangat dekat dan menjaga kondusifitas masyarakat Lumajang perlu dikedepankan.
Kapolres Lumajang AKBP.Susanto juga sangat berharap agenda ini bisa berjalan sukses dan dihadiri oleh semua unsur dan elemen peserta Pilkada baik Parpol pengusung atau Tim sukses pasangan calon, juga unsur-unsur penyelenggara Pilkada meluputi KPU Lumajang, Panwas Kabupaten Lumajang dan instansi-instansi terkait dilumajang.
Dan pada intinya semua berharap Pilkada lumajang bisa berjalan dengan sukses dan kondusif.

Baca Selengkapnya »

Nikah Kilat Anggota DPRD Sampang, 9 Pelajar Jadi Korbannya

Perilaku buruk anggota dewan kembali terungkap ke publik. M. Hasan Ahmad alias Ihsan, 44, anggota DPRD Sampang, Madura, Jatim, ditangkap polisi ketika sedang berkencan dengan pelajar kelas 2 SMK di sebuah hotel di Surabaya. Saat ditangkap Jumat malam (12/4), Ihsan mengaku sebagai pengusaha. Dia baru mengaku anggota dewan saat diperiksa.

Tanpa perlawanan, dia digiring anggota vice control unit kejahatan umum (jatanum) satreskrim ke Mapolrestabes Surabaya. Ihsan dibawa bersama anak baru gede (ABG) berinisial ASR yang masih berusia 16 tahun. Mereka sedang berduaan di dalam kamar Hotel Pitstop, Jalan Semut Baru, Surabaya.

Selain Ihsan dan ASR, polisi menahan dua mucikari. Dua-duanya juga masih muda. Yakni, Dea Ayu, 20, asal Banyu Urip, dan Dini Rahmawati, 22, warga Putat Jaya, Surabaya. Ihsan, Dea, dan Dini dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Sementara itu, ASR sebagai korban langsung dilepas setelah diperiksa.

Saat diperiksa, sebelum masuk hotel, Ihsan mengaku telah menikahi korban secara siri. Pernikahan itu dilakukan secara kilat di dalam mobil yang dibawa Ihsan, yakni Honda Odyssey L 1824 QR.

"Pernikahan siri di dalam mobil itu dilakukan oleh seseorang yang disebut mudin (penghulu). Kini orang tersebut masih diburu Satreskrim Polrestabes Surabaya," ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Hilman Thayib.

Mantan Kapoltabes Banjarmasin itu mengungkapkan, tersangka sengaja menikahi korban sebelum digauli karena tak mau dianggap berzina. "Tapi, apa pun yang dilakukan tersangka telah melanggar UU Perlindungan Anak. Apalagi, pernikahan itu tanpa melibatkan keluarga perempuan," terang Hilman.

Modus Ihsan itu sepintas mirip perbuatan mantan Bupati Garut Aceng Fikri. Sebab, rata-rata, seusai dikencani, ABG tersebut langsung ditalak. "Dari hasil penyelidikan, ada sembilan ABG yang pernah dikencani tersangka. Namun, yang bersedia memberikan keterangan di BAP (berita acara pemeriksaan) ada lima korban," lanjut Hilman.

Sembilan ABG yang pernah dikencani Ihsan masih berstatus pelajar. Beberapa di antara mereka adalah teman satu sekolah di sebuah SMK di kawasan Mayjen Sungkono, Surabaya.

Kanit Kejahatan Umum (Jatanum) Polrestabes Surabaya Iptu M.S. Feri menyatakan, Ihsan mengaku selama ini mencari ABG melalui jasa dua mucikari, yakni Dea Ayu dan Dini Rahmawati. Dia mengenal dua mucikari itu dari rekomendasi seorang teman. Dua mucikari tersebut biasanya mendapat uang jasa Rp 300 ribu"Rp 500 ribu.

Dea bahkan pernah menjual keponakannya, SDH, 16, yang juga pelajar kelas 2 SMK. Khusus keponakannya itu, Dea mengajukan tarif Rp 3 juta kepada Ihsan. Tarif itu pun disetujui karena SDH disebut masih virgin.

Kepala polisi, SDH mengaku pertama dikencani Ihsan pada Desember 2012. Setidaknya, dia sudah enam kali diajak berkencan oleh anggota DPRD asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. Feri menyatakan, tarif ABG lain yang pernah dikencani Ihsan tidak sama. "Rata-rata tarif ABG lain Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta," paparnya. Mayoritas ABG itu dikawin siri secara ekspres di dalam mobil dan langsung dicerai setelah dikencani di hotel.

Kasubnit Vice Control Iptu Iwan Hari Purwanto menuturkan, kebanyakan ABG yang dikencani Ihsan saling kenal. "Yang pertama dikencani kan SDH. Selanjutnya, SDH diminta mencarikan teman-temannya yang bersedia berkencan dengan tersangka," jelasnya.

Kepada Iwan, Ihsan mengaku tertarik mengencani ABG karena mereka tidak neko-neko. Ihsan mengaku kerap dikerjai jika berkencan dengan perempuan dewasa. "Katanya, kalau kencan dengan orang dewasa, dia sering dibohongi," ujarnya. Misalnya, setelah kencan, dia sering dimintai tambahan uang.

Iwan menegaskan, saat ini pihaknya masih mendalami kemungkinan adanya korban Ihsan lainnya. Selain itu, anggotanya diminta memburu mudin yang kerap diajak Ihsan. Iwan menduga mudin itu tidak berasal dari sekitar Surabaya. Sebab, seusai disuruh menikahkan secara ekspres, si mudin biasanya pulang sendiri, sedangkan Ihsan langsung ke hotel bersama korban.

Saat penangkapan, mudin itu juga tidak ada. Polisi hanya mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain, selembar guest bill Hotel Pitstop; uang tunai Rp 1,2 juta; ponsel; BlackBerry; serta mobil Honda Odyssey L 1824 QR.

 
Penangkapan Ihsan sudah menjadi perbincangan di kalangan anggota DPRD Sampang beberapa hari belakangan. Kemarin Radar Madura (Grup JPNN) mencoba menghubungi pengurus PPP Sampang, partrai asal Ihsan. Namun, mereka tidak berani berkomentar. Sebab, kepengurusan DPC PPP Sampang belum terbentuk.

"Kami baru menggelar pemilihan ketua DPC. Bahkan, ketua DPC belum bisa memberikan konfirmasi atas nama partai, mengingat SK ketua DPC belum turun. Silakan ke ketua Fraksi PPP saja," ucap Sekretaris Fraksi PPP di DPRD Sampang Amin Arif Tirtana.

Ketua Fraksi PPP DPRD Sampang Khairul Fattah juga menolak memberikan konfirmasi. "Saya kan bukan sekretaris DPC lagi. Jadi, saya tidak punya hak untuk berbicara. Sebagai ketua Fraksi PPP di DPRD Sampang, saya juga tidak bisa memberikan konfirmasi karena dalam kondisi cuti. Kan baru pulang umrah," ucapnya.

Ahmad Kian Santang, wakil ketua DPRD Sampang, yang pernah mengunjungi Ihsan di tahanan Polrestabes Surabaya mengakui bahwa tersangka merupakan rekan separtainya di PPP.

Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah tidak membantah adanya informasi penangkapan Ihsan. Dia juga belum bisa memastikan kebenaran kabar penangkapan anggota komisi A itu. Menurut Imam, pihaknya belum menerima laporan resmi bahwa ada anggota DPRD Sampang yang tersandung kasus di Surabaya. "Secara resmi, kami belum mendapat informasi tersebut," tuturnya melalui telepon.

Baca Selengkapnya »

Rabu, 17 April 2013

Hari Ke-9 Hanya PKS Yang Terdaftar di KPU Pusat

Hingga hari ke-9, penerimaan pendaftaran Daftar Caleg Sementara (DCS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih sepi. Sampai hari ini baru 1 parpol yang sudah mendaftar, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Baru PKS saja, belum ada lagi," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Pendaftaran DCS dari partai lain yang hari ini dijadwalkan adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra. Namun hingga siang ini kedua partai tersebut belum juga muncul di Gedung KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

"Untuk jadwal sementara penyerahan DCS partai politik, tanggal 15-21 April itu PAN, PKB, Hanura, Nasdem, Demokrat, Gerindra, Golkar dan PKPI. PDIP dan PPP diperkirakan akan mendaftar pada 22 April," ungkapnya.

Sebelumnya, PKS melalui Sekjenya Taufik Ridho telah mendaftarkan DCS ke KPU pada Selasa 16 April siang. PKS menjadi partai pertama pendaftar DCS yang rencananya akan ditutup 22 April 2013 itu.

"Alhamdulillah hari ini PKS sudah bisa mendaftar dan ternyata kita menjadi pendaftar pertama untuk menjadi peserta pemilu 2014," ujarnya saat tiba di KPU Jakarta Selasa (16/4/2013).

PKS telah mendaftar 77 dapil yang diisi bakal caleg 492 orang. Komposisinya 311 laki-laki dan 191 perempuan. Hak afirmatif perempuan yang dicalonkan perempuan hampir 40 persen.

Secara statistik rata-rata caleg yang didaftarkan PKS pada kisaran usia 30 sampai 50 tahun. Kisarannya ada di angka 81 persen, sisanya adalah 50-60 dan di bawah 30 tahun. Rata-rata pendidikan S1 sebanyak 71 persen, S2 dan S3 6,2 persen, dan lulusan SMA 12,5 persen.

Baca Selengkapnya »

Bom Boston Dikemas Didalam Panci

 Dua bom yang menewaskan tiga orang dan melukai setidaknya 176 orang dalam ajang Boston Marathon dikemas dalam panci tekanan tinggi (pressure cook) ukuran enam liter. Di dalam panci itu penuh dengan pecahan logam, paku, dan bantalan bola dan disembunyikan di ransel hitam, sumber polisi menyatakan.

Bom ini, katanya, sering digunakan di Afghanistan, India, Nepal, dan Pakistan, menurut laporan Departemen Keamanan Dalam Negeri tahun 2010. Bom Boston dinilai sebagai yang terburuk setelah serangan 11 September 2001.

Bom meledak di dekat garis finish Boston Marathon yang penuh orang sekitar pukul 15.50 pada hari Senin. Bom kedua meledak beberapa detik kemudian. Sebanyak 40 orang terluka karena pecahan bom, dan setidaknya 10 orang harus diamputasi. Saksi menjelaskan melihat bagian tubuh beterbangan di udara.

Korban  tewas dalam ledakan diidentifikasi sebagai Krystle Campbell,  29 tahun , dari Arlington, Massachusetts. Korban lain adalah Martin Richard, bocah 8 tahun yang tengah menunggu ayahnya di garis finish. Korban ketiga belum terindentifikasi.

Bom yang digunakan, menurut investigator polisi, berisi bubuk hitam atau mesiu sebagai bahan peledak. Informasi tentang bagaimana membuat bom tersebut tersedia di internet, kata para ahli. Rangkaian bom ini kemudian sengaja dibuat seperti tertinggal di lokasi kejadian, CBS News melaporkan.

Penyidik ​​juga menemukan potongan sebuah papan sirkuit elektronik yang kemungkinan berfungsi sebagai timer bom.

Meskipun belum ada kelompok mengaku bertanggung jawab atas serangan, perangkat sejenis pernah digunakan dan gagal pada tahun 2010 di Times Square. Faisal Shahzad yang dicokok kemudian  mengaku telah menjalani pelatihan pembuatan bom di sebuah kamp faksi militan di Pakistan.

Baca Selengkapnya »

PKS Menjadi Yang Pertama Daftarkan DCS nya Ke KPUD Lumajang

 Hari ini, Rabu 17 April 2013 tepat jam 13.33 Wib, PKS Lumajang Jatim secara resmi telah mendaftarkan calegnya yang akan maju di Pileg 2014, berkas-berkas yang dikemas dalam box plastik tersebut dibawa menuju KPUD Lumajang yang berada di Jl. Veteran dan diterima oleh salah satu komisioner KPUD.
Sejak dibuka pendaftaran Anggota Legislatif mulai tanggal 9 April lalu, KPU Kabupaten Lumajang telah mempersiapkan diri untuk menrima berkas-berkas bacalon dari 12 Partai yang berlaga di Pemilu 2014. Walaupun sempat disibukkan dengan adanya sistem baru dari KPU bernama SILON (Sistem Informasi Pencalonan), rupanya Partai Keadilan Sejahtera tidak terhalang untuk menjadi pendaftar pertama di kantor KPU Lumajang.
Dan ini dibuktikan dengan diterimanya berkas-berkas DCS dan menjadi yang pertama masuk di KPU Lumajang, Drs. Imam Rofiq sebagai ketua DPD PPKS Lumajang mengatakan didepan media bahwa sejatinya penyerahan berkas-berkas DCS itu sudah bisa dilakukan pada hari pertama dibuka yaitu tgl.9 April, namun karena adanya beberapa perubahan format dan tambahan adanya SILON, maka dimundurkan dan baru hari ini dilakukan. Menurut penuturannya PKS Lumajang telah mengisi penuh kuota caleg perdapil, sehingga total caleg PKS berjumlah 50 orang dan kuota perempuannya tidak menemui kendala dan terpenuhi. Masih kata beliau, PKS Lumajang menargetkan bisa memperoleh minimal 5 kursi di sejumlah dapil yang ada, dan sesuai target nasional, PKS mengejar untuk bisa tembus 3 besar parpol pada Pemilu 2014. 

Baca Selengkapnya »

Selasa, 16 April 2013

Antisipasi Kerawanan Pilkada, Kapolres Silaturrohim Ke Semua Pasangan Calon.

 Mendekati Pemilukada Lumajang, jajaran Kepolisian Lumajang terus melakukan pendekatan kepada para pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Lumajang. Sebelumnya, Kapolres Lumajang, Dandim 0821 dan Danyon 527 berkunjung kerumah Indah - Kafi, senin pagi (15/04/2014) Kapolres Lumajang bersilaturahim kekantor DPC PDIP Lumajang dijalan Soekarnao -Hatta. Kedatangan Orang no 1 dijajaran Kepolisian Lumajang ini disambut langsung Pasangan Calon Agus Yudha dan KH. Adenan Syarief atau yang lebih dikenal dengan pasangan ARIF.

Kapolres Lumajang AKBP Susanto kepada sejumlah wartawan usai bersilaturahmi ini mengatakan, kedatangannya ke kantor DPC PDIP ini tidak lain adalah untuk mempererat tali siltaurahim dengan calon bupati dan wakil bupati Lumajang dan bertukar pikiran bagaimana pemilukada Lumajang aman, damai sehingga proses pemilukada Lumajang menjadi lancar dan jauh dari konflik. 

"Kedatangan kita kali ini tidak lain membangun komunikasi dengan semua pasangan calon bupati dan wakil bupati,agar pelaksanaan pemilukada bisa aman dan kondusif dan  melahirkan pemimpin yang diharapkan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Agus Yudha Calon Bupati Lumajang ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, kedatangan Kapolres mendatangai semua pasangan calon Bupati dan wakil bupati lumajang dinilai sangat positif. Dan hal ini merupakan salah satu tugas dari Kepolisian untuk mengawal dan mengamankan  Pemilukada Lumajang. " Tahapan pilkada sudah kita lalui, dan tentunya 
komunikasi dan kordinasi perlu ditingkatkan dengan bakal calon yang ada dan tim suksesnya,agar pelaksanaan Pemilukada sesuai dengan harapan kita bersamasemua," imbuhnya.

Sekedar diketahui, usai bersilaturrahim dengan Agus Yudha- Adenan Syarief, Kapolres lumajang dan rombongannya langsung menuju rumah yang sekaligus posko inti pasangan calon bupati lainnya, yakni pasangan (Ali Mudhori dan Samsul Hadi) ASA.

Baca Selengkapnya »

Senin, 15 April 2013

UN Ditunda, Karena Telat Cetak Soal.

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh akan memberikan sanksi kepada PT Ghalia Printing Indonesia yang tak tepat waktu dalam menyelesaikan pencetakan soal ujian nasional (UN) di 11 provinsi. Ke depan, perusahaan percetakaan itu tidak akan diikutsertakan dalam proyek Kemendikbud.

"Yang jelas percetakan itu akan di-blacklist. Nanti tidak akan ikut setiap pekerjaan yang ada di kemendikbud dan dilihat derajat kesalahannya," kata Nuh saat meninjau UN di SMA Negeri 3 Jakarta, Senin 15 April 2013.

Tetapi, imbuh NUh, penjatuhan sanksi akan dilaksanakan setelah hasil investigasi selesai. Saat ini, Kemendikbud masih sibuk dengan kegiatan ujian nasional selama empat hari ke depan.

"Dari investigasi nanti kan ketahuan setiap kesalahannya seperti apa. Dari situ kami bisa beri sanksi," ucapnya

Sementara itu, sekolah di 11 provinsi terpaksa menunda UN karena soal belum terkirim. Ke-11 provinsi itu adalah Sulawesi Selatan, Bali, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

Baca Selengkapnya »

Positif Gunakan Narkoba, 7 Bacaleg Partai Nasdem Dicoret


Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan DPP Partai Nasional Demokrat Akbar Faizal mengatakan, ada tujuh bakal calon anggota legislatif dari partai tersebut yang positif memakai narkoba. Ketujuh pendaftar caleg Nasdem itu langsung didiskualifikasi.
Akbar mengatakan, DPP Nasdem melakukan berbagai langkah antisipasi untuk menjaring mendapatkan calon anggota DPR bermasalah. Nasdem menggandeng Badan Narkotika Nasional untuk melakukan tes urine sebagai salah satu prasyarat bagi pendaftar caleg. Langkah itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan keterlibatan caleg dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
"Hasilnya, pada tahap awal ditemukan 7 orang pendaftar bacaleg untuk DPR-RI dari 3.600-an pendaftar positif menggunakan narkoba dari berbagai jenis, seperti amphetamin, metamphetamin, sabu-sabu, morfin, dan ganja," ujar Akbar, Minggu (14/4/2013).
Bakal caleg yang telah dinyatakan positif menggunakan narkoba oleh BNN langsung dicoret dan tidak layak mengikuti proses seleksi selanjutnya. Akbar mengklaim bahwa Nasdem adalah satu-satunya parpol yang secara resmi bekerja sama dengan BNN untuk melakukan tes urine. Hal itu dilakukan untuk menghindarkan Nasdem mencalonkan orang-orang yang bermasalah dengan narkoba. "Nasdem sangat berkomitmen menjaga Indonesia dari kerusakan akibat penyalahgunaan narkoba," katanya.
Partai Nasdem menyelenggarakan seleksi tes urine dan narkoba kepada para bakal caleg pada Kamis (11/4/2013) dan Sabtu (13/4/2013). Dalam seleksi kemarin, tampak 400-an orang yang dites untuk menjadi bakal caleg.

Baca Selengkapnya »

SBY Dinilai Lebay, Berkicau di Twitter

Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima), Ray Rangkuti menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat berlebihan mempunyai akun Twitter pribadinya, @SBYudhoyono.   
"Ini presiden lebay. Tak paham mana yang urgen, dibutuhkan dan didahulukan. Bangsa ini sibuk dengan beberapa kasus yang belum diselesaikan, seperti tentara versus polisi, soal bendera yang dipakai di Aceh, soal kenaikan BBM dan apa implikasinya bagi bangsa ini dan banyak lagi," ujar Ray saat berbincang dengan Okezone, Senin (15/4/2013).

Di tengah-tengah itu, kata Ray, Pria asal Pacitan, Jawa Timur itu malah lebih peduli soal twitter.
"Ini sudah wataknya. Tak perlu lagi diherankan. Ketika bangsa ini waktu lalu sibuk menghadapi musibah bencana alam, malah SBY meluncurkan album musiknya," tegasnya.

Menurutnya, orang nomor satu di Indonesia itu akan peduli ketika keluarganya tersangkut kasus hukum di negeri ini. "Satu-satunya yang dia peduli dan dapat bereaksi cepat bila menyangkut kekuasaannya, atau keluarganya. Itulah nampaknya yang utama bagi dirinya. Jika sudah menyangkut ihwal kekuasaan dan keluarganya, ia akan keluar dengan cepat, mengambil tindakan dengan sigap serta berdiri paling depan," tuturnya.

Kata Ray, yang perlu diingatkan kepada masyarakat agar melihat twitter itu sebagai hal biasa saja. Jangan terlalu berharap akan ada komunikasi yang timbal balik. 
"Sebagai warga negara yang peduli pada banyak persoalan di bangsa ini,  mari untuk tidak sibuk bertwitter dengan SBY. Semoga dengan begitu, SBY dapat kita hindarkan dari kesibukan bertwitter dan tetap bisa fokus mengelola bangsa ini, bukan hanya mengelola partai dan twitter," pungkasnya.

Baca Selengkapnya »

Pesawat Lion Air Semakin Terendam dan Terhimpit Karang

Kondisi pesawat Lion Air yang jatuh sesaat sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali semakin memprihatinkan. Kini pesawat yang mengangkut 101 penumpang dan 7 kru pesawat itu semakin terendam oleh air.

Bahkan, akibat terkena ombak besar yang terjadi sejak sore hari hingga malam ini, pesawat yang sudah terbelah itu menjadi terputus. "Kondisi pesawat yang sudah terbelah kini putus akibat arus gelombang di bibir pantai yang deras, bukan karena dipotong," kata Krishna, staf Humas SAR Denpasar saat dihubungi VIVAnews, Minggu 14 April 2013.

Namun, ia memastikan jika badan pesawat yang kini putus itu tak hanyut terbawa gelombang pasang. Sebab, seluruh bagian pesawat telah dipasangi terlebih dahulu tali pengaman.

Soal keberadaan Cockpit Voice Recorder (CVR) kotak hitam, Krishna mengaku sudah menemukan keberadaannya. Namun, bagian dari kota hitam yang merekam percakapan itu kondisinya terhimpit karang.

"CVR belum berhasil diangkat karena kondisinya terhimpit karang. CVR berada di bawah bagian kargo yang sudah tergencet karang itu," tuturnya.

Sebelumnya, Komandan Pangkalan TNI AU Ngurah Rai Letnan Kolonel Pnb. Atang Sudrajat menuturkan, malam ini merupakan upaya persiapan rencana evakuasi yang akan dilanjutkan besok pagi.

"Malam ini sedang persiapan memasang tali dengan memanfaatkan gelombang surut air laut," kata Atang dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews.

Ia berharap begitu air laut pasang, bangkai pesawat itu pelan-pelan dapat ditarik. "Begitu air pasang naik, diharapkan sudah bias ditarik. Besok kita sambung lagi upaya evakuasinya," katanya.

Baca Selengkapnya »

Kontak Kami:

E-Mail: koranlumajang@gmail.com

Baca Selengkapnya »

Sabtu, 13 April 2013

Pencalegan PKB Lumajang Diambil Alih PKB Pusat

Dualisme kepemimpinan dalam tubuh DPC PKB nampaknya belum memperoleh titik terang, hal ini dibuktikan dengan proses pencalegan PKB di Lumajang yang saat ini sudah diambil alih oleh DPP PKB.
Berdasarkan surat tugas nomor 13082/DPP-03/V/A.1/IV/2013 DPP PKB menunjuk tiga orang kader PKB untuk membantu DPP dalam menjalankan wewenang melaksanakan proses rekruitmen hingga penetapan Caleg.
Ketiganya antara lain Syaiful Bahri Anshori yang saat ini menjabat Ketua DPP PKB, kemudian Nur Yasin dari F-PKB DPR RI, dan yang terakhir adalah Thoriqul Haq Sekretaris DPW PKB Provinsi Jatim.
Hal ini disampaikan Thoriqul Haq ketika menggelar jumpa pers yang dilaksanakan di gedung PCNU hari ini, Jumat (12/04). Dikatakannya, dia bersama dua orang kader PKB diberi tugas oleh DPP untuk melaksanakan proses rekruitmen dan penetapan Caleg DPRD Kabupaten Lumajang dari PKB.
"Surat tugas ini menindaklanjuti SK DPP PKB yang ditujukan kepada DPC PKB Lumajang yang tidak diberikan kewenangan untuk melakukan proses rekruitmen dan penetapan Caleg DPRD Kabupaten Lumajang," kata Thoriqul Haq.
Karena dalam SK DPP PKB nomor 12762/DPP-03/V/A.1/II/2013 ada bagian surat yang berbunyi seluruh kewenangan DPC PKB Lumajang dalam hal proses rekruitmen hingga penetapan caleg pada Pemilu 2014, baik untuk tingkat DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi maupun DPR RI menjadi wewenang DPP PKB.
Untuk hal-hal teknis tentang bagaimana komposisi dan akomodasi dari semua proses rekruitmen Caleg di Kabupaten Lumajang akan segera dilakukan pembahasan. "Saya selaku pemangku tugas ini, nanti malam akan melaksanakan rapat intern untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya," ujar Thoriqul haq.
Dengan munculnya surat tugas ini, proses pelaksanaan rekruitmen yang selama ini dilaksanakan oleh kedua kubu, ditegaskan oleh Thoriqul Haq sudah tidak berlaku lagi. "Surat tugas ini mengakomodir dari kedua kubu untuk dijadikan satu kekuatan politik dalam menyongsong Pemilu 2014 nanti," ungkapnya.

Baca Selengkapnya »

Jelang UNAS Siswa Berbondong-bondong ke Makam Gus Dur, Kesyirikan?

 Atau siapakah yang mengabulkan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada Tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya). (QS An-Naml : 62).
Fenomena keterpurukan rohani kembali mewarnai ranah pendidikan Indonesia. Tak heran jika hasil didikan bangsa ini banyak yang menjadi “KORUPTOR” bahkan ada yang sampai menjadi “DUKUN”, karena bangsa ini seakan sudah tidak lagi memperhatikan nilai-nilai spiritual kejiawaan sampai menjatuhkan haq-haq Allah –Subhanahu wa Ta’ala-.
Bagaimana tidak ! Akhir pekan kemarin, sabtu (14/4/2012) Makam mantan presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur  kembali dijejali  pelajar. Mereka datang sembari berdoa.
Para pelajar yang datang dari berbagai kota itu, ingin memiliki kesiapan mental saat mengerjakan Ujian Nasional (UN).  
Ini menjadi tren di hampir setiap sekolah diberbagai kota di Indonesia, yang melakukann kunjungan ke makam ulama, tokoh, yang dianggap keramat.
Parahnya, mereka bukan hanya berdoa, tetapi mereka mengharapkan doa dari para ulama dan tokoh yang sudah meninggal.
Teuku Azwani, selaku pengurus Ponpes Tebuireng Jombang, mengatakan, peziarah di makan Gus Dur didominasi kalangan pelajar sejak sepekan terakhir kemarin. Mereka datang berombongan ditemani gurunya.
Begitu sampai di lokasi makam, para pelajar ini duduk bersimpuh sembari membaca surat Yasin dan Tahlil. Tak jarang mereka meneteskan air mata. Usai berdoa dan memohon, mereka kembali ke sekolah masing-masing secara berombongan ditemani guru-guru mereka.
Ayu Safitri, pelajar dari MAN Jombang menuturkan, kedatangannya ke makam Gus Dur hanya untuk bermunajat dan memohon  doa. Harapannya, ia dan teman-temannya bisa lulus dalam UN yang digelar (hari ini) 16-19 April. “Semoga diberi kemudahan dalam mengerjakan ujian,” kata Safitri usai mengikuti doa bersama di makam Gus Dur Tebuireng.
“Ke makam Gus Dur ini hanya salah satu dari ikhtiar. Selain itu kami juga tetap belajar,” kata pelajar berjilbab ini.
Bahkan, sebelumnya, banyak penziarah yang datang ke makam Gus Dur, yang mengambil tanah yang ada di atas makam Gus Dur, yang dianggap dapat memberikan berkah, dan digunakan jimat. Sehingga, hal  ini menjadi kepercayaan sendiri, dikalangan penduduk, yang ada di sekitar Jombang, bahkan sampai kota Kediri dan kota Jawa Timur lainnya. –Allahumma Ighfir Lahum-
Tapi mengapa mereka harus ke makam? Mengapa harus berdoa di makam? Apakah hal ini telah di contohkan oleh Rasulullah –Shallallahu ‘alaihi wa sallam-? Tidakkah Mereka memperhatikan rambu-rambu yang telah Allah –Subhanahu wa Ta’ala- gariskan ?.

Segala puji bagi Allah yang telah mengumpulkan kita dalam barisan orang-orang yang beriman. Kami memohon kepada Allah agar kita semua diberi kekuatan untuk bisa istiqomah di atas tauhid sampai mati.
Semua umat Islam sepakat bahwa syirik adalah dosa yang sangat besar, yang tidak akan Allah ampuni jika dibawa sampai mati dan pelakunya belum bertaubat.
Namun sayangnya banyak orang yang tidak memahami pengertian yang tepat tentang syirik. Akibatnya, banyak orang yang melakukan perbuatan syirik namun dia tidak merasa kalau dirinya telah melakukan kesyirikan.
Bahkan yang lebih menyedihkan, ada orang yang melakukan kesyirikan namun dia merasa sedang melakukan ibadah. Sehingga sangat sulit bagi orang yang terjerumus ke dalam perbuatan ini untuk diingatkan. Karena bagaimana mungkin perbuatannya bisa disalahkan sementara dia meyakini bahwa dirinya sedang mendapatkan pahala dengan perbuatannya.
Kita ucapkan innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, ada musibah besar yang menimpa kaum muslimin; melakukan perbuatan yang mendatangkan murka Allah namun dia merasa sedang mendapatkan pahala dari Allah.
Allah berfirman,
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا
Katakanlah (wahai Muhammad): apakah telah kami sampaikan kepada kalian tentang orang yang paling rugi perbuatannya? Mereka itulah orang-orang yang sesat amal perbuatan mereka di dunia sementara mereka bahwa diri mereka sedang berbuat kebaikan.” (QS. Al Kahfi: 103-104)
Sungguh benar apa yang disebutkan dalam sebuah hadis:
الشرك في هذه الأمة أخفى من دبيب النمل
Sesungguhnya syirik pada umat ini (umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam) lebih samar dari pada jejak semut.” (disebutkan oleh Syaikhul Islam dalam kitab Al-Iman dan dinilai shahih oleh Al-Albani).
Betapa tersembunyi dan samarnya gambaran syirik yang disampaikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika hanya dilihat secara selintas tanpa diamati dengan seksama, maka tidak mungkin orang akan bisa melihatnya. Karena itulah banyak di antara kaum muslimin yang terjerumus ke dalamnya. Namun, sayangnya banyak orang yang dirinya merasa aman dari kesyirikan. Hanya kepada Allah kita berlindung.
Pengertian Syirik
Untuk memahami hakikat syirik, terlebih dahulu kami sampaikan pengertian syirk. Secara bahasa syirik artinya menduakan atau menggolongkan sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Sedangkan secara istilah, ada beberapa pengertian yang disampaikan oleh para ulama. Definisi yang paling bagus adalah definisi yang dibawakan oleh Syaikh Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim dalam catatan beliau untuk kitab tauhid, beliau memberi keterangan bahwa
تسوية غير الله بالله في شيء من خصائص الله
“Syirik adalah menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang menjadi sifat khusus bagi Allah.”
Allah berfirman menceritakan teriakan orang musyrik ketika di akhirat,
تَاللَّهِ إِنْ كُنَّا لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعَالَمِينَ
Demi Allah, sesungguhnya kami dulu (di dunia) berada dalam kesesatan yang nyata. Karena kami mempersekutukan kalian (para sesembahan selain Allah) dengan Rab semesta alam.” (QS. As-Syu’ara: 97 – 98)
Ketika ada makhluk yang derajatnya diangkat tinggi-tinggi, sehingga berada pada derajat yang setara dengan Allah, itulah syirik. Ketika ada makhluq yang dijadikan sebagai sandaran dalam berdoa, atau membantu mewujudkan keinginan, itulah syirik. Karena doa dan permohonan yang mampu dikabulkan oleh Allah, hanya boleh ditujukan kepada Allah.
Barangsiapa yang memberikan doa ini kepada selain Allah, siapa pun orangnya, maka dia berarti telah merampas hak khusus Allah. Itu sebabnya, syirik merupakan tindakan kezhaliman yang paling besar, karena syirik telah merampas hak Dzat Yang Maha Besar, yaitu Allah Ta’ala. Allah berfirman menceritakan nasihat Luqman,
يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Wahai anakku, jangan menyekutukan Allah. Karena syirik adalah kezaliman yang besar.” (QS. Al-Isra: 13)
Fenomena UN
Satu peristiwa yang sangat mencengangkan, ketika teror nasional UN datang, ratusan siswa justru mengadu ke kuburan. Di saat mereka sangat membutuhkan pertolongan, di saat mereka sangat membutuhkan bantuan, di saat mereka sangat mengharapkan keberhasilan, di saat mereka harus mendekatkan diri kepada Allah, di saat mereka harus berusaha mencari ridha Allah, namun sangat disayangkan, mereka justru mendekatkan diri kepada makhluk, mereka justru mengundang murka Allah, berbagai macam ritual yang mereka lakukan, tidak mencerminkan keinginan mereka untuk menaruh harapan kepada Allah.
Makam Abdurrahman Wahid di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, dalam sepekan terakhir ini dipadati para pelajar yang datang dari berbagai daerah. Mereka datang memanjatkan doa agar lulus dalam ujian nasional (UN).
Para siswa di Kudus, Jawa Tengah, juga tidak lupa berziarah ke makam Sunan Kudus. Mereka berharap agar diberikan kekuatan mental dan spiritual sehingga dapat menyelesaikan soal UN dengan baik.
Ritual mencuci kaki ibu dijalani siswa di Jambi. Pengalaman spiritual yang merevitalisasi kedekatan hubungan batin antara ibu dan anaknya tersebut diharapkan memberikan suntikan semangat pada setiap siswa untuk berjuang keras menyelesaikan ujian nasional.
Hampir serupa, siswa di Nganjuk, Jawa Timur, menjalani ritual sungkeman sambil membasuhkan air bunga ke kaki guru. Para siswa juga meminta maaf kepada adik-adik kelas mereka layaknya ritual bermaaf-maafan saat Lebaran.
[http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/16/313143/265/114/Siswa-Mengadu-ke-Kuburan-Hadapi-UN]
Anda sebagai seorang muslim tentu paham, ketika seseorang sangat membutuhkan pertolongan Allah, seharusnya yang dia lakukan adalah rajin shalat, atau rajin tahajud, atau puasa sunah, atau sedekah, atau amal ibadah lainnya.
Agar tidak terlalu panjang lebar, kita fokuskan pembahasan untuk hukum berdoa di kuburan. Jika kita memperhatikan ritual doa yang dilakukan masyarakat ketika ziarah kubur, berdoa di kuburan bisa kita kelompokkan menjadi empat macam;
Pertama: Mendoakan penghuni kubur
Kedua: Berdoa dengan meminta kepada Allah di kuburan, karena keyakinan agar lebih mustajab.
Ketiga: Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan Allah-lah yang mengabulkan, sementara penghuni kubur hanya perantara.
Keempat: Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa.
Dari keempat ritual doa di atas, hanya satu yang dituntunkan dalam syariah, mendoakan penghuni kubur. Inilah yang disyariatkan. Sebagaimana kita sepakati, orang yang sudah meninggal, dia tidak lagi mampu menambah amal. Dan andaikan mayit diberi kesempatan untuk hidup sekejap saja, niscaya akan mereka gunakan untuk melakukan amal yang bisa menyelamatkan mereka dari adzab atau amal yang semakin meningkatkan derajat mereka.
Allah menceritakan keadaan penghuni kubur yang menyesal setelah menjumpai kematian,
حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ ( ) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mukminun: 99 – 100)
Dalam hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas, dinyatakan,
ما الميت في القبر إلا كالغريق المتغوث ، ينتظر دعوة تلحقه من أب أو أم أو أخ أو صديق ، فإذا لحقته كانت أحب إليه من الدنيا وما فيها ، … وإن هدية الأحياء إلى الأموات الاستغفار لهم
“Mayit dalam kuburnya, seperti orang tenggelam yang butuh pertolongan, mereka menunggu doa yang dipanjatkan oleh ayahnya atau ibunya atau saudaranya atau temannya. Jika dia mendapatkan doa, maka itu lebih dia cintai dari pada dunia seisinya. Sesungguhnya hadiah berharga dari orang hidup kepada orang mati adalah permohonan ampun untuk mereka.” (HR. Baihaqi, no.7527)
Hadis ini mengisyaratkan betapa butuhnya mereka terhadap doa kita. Mereka sangat menantikan permintaan ampunan kita kepada Allah. Karena itulah, Islam mengajarkan agar kita lebih banyak mendoakan mereka, dan bukan sebaliknya. Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada istrinya tercinta, A’isyah radhiallahu ‘anha, ketika beliau bertanya,
كَيْفَ أَقُولُ لَهُمْ يَا رَسُولَ اللهِ؟
Apa yang harus aku ucapkan untuk mereka (penghuni kubur), ya Rasulullah?
Beliau menjawab,
قُولِي: السَّلَامُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، …
Ucapkanlah, Assalaamu ‘alaa ahli diyaar… dst.” (HR. Muslim, no.974)
Ritual yang kedua:
Berdoa dengan meminta kepada Allah di kuburan, karena keyakinan agar lebih mustajab
Perbuatan ini, meskipun bukan termasuk kesyirikan, tapi setidaknya ini adalah cara mencari berkah yang salah. Karena kuburan bukanlah tempat yang berkah. Jika kita berharap agar doa kita dikabulkan, seharusnya doa itu dilakukan di masjid, karena inilah tempat yang paling dicintai Allah.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا
Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid.” (HR. Muslim, no.671)
Karena masjid adalah tempat yang paling dicintai Allah maka itulah peluang besar agar doa kita dikabulkan oleh Allah.
Sebaliknya, kuburan bukanlah tempat untuk ibadah. Dalam banyak hadis, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kaum muslimin shalat di kuburan. Beliau bersabda,
لَا تُصَلُّوا إِلَى الْقُبُورِ، وَلَا تَجْلِسُوا عَلَيْهَا
Jangan shalat menghadap ke kuburan dan jangan duduk di atas kuburan.” (HR. Muslim, no.972)
Beliau juga mengontraskan antara rumah dengan kuburan, dan beliau anjurkan agar menjadikan rumah sebagai tempat membaca Alquran:
لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ
Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim, 780)
Agar rumah kita tidak seperti kuburan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi bimbingan agar dalam rumah kita, rajin-rajin dibacakan Alquran, terutama surat Al-Baqarah.
Sementara untuk dua ritual terakhir:
Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan Allah-lah yang mengabulkan, sementara penghuni kubur hanya perantara.”
“Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa.”
Dua ritual ini bisa kita tegaskan sebagai perbuatan kesyirikan. Karena inilah kesyirikan masyarakat jahiliyah. Meskipun dia berkeyakinan bahwa yang mengabulkan doa hanya Allah, sementara penghuni kubur hanya perantara. Pada dua ritual di atas, ada dua kasus yang perlu dibedakan;
Meminta sesuatu yang hanya mungkin dikabulkan oleh Allah, namun ditujukan kepada selain Allah (penghuni kubur).
Keyakinan Bahwa Penghuni Kubur Bisa Mengabulkan Doa
Pertama, berdoa, meminta sesuatu yang hanya mungkin dikabulkan oleh Allah, namun ditujukan kepada selain Allah (penghuni kubur).
Kita semua paham bahwa doa termasuk ibadah. Karena itu, jika doa ini ditujukan kepada selain Allah, maka itu sama halnya dengan mensejajarkan makhluk yang dimintai doa dengan Allah, dan itu kesyirikan. Hal ini sebagaimana yang Allah tegaskan dalam banyak ayat. Di antaranya, firman Allah,
وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا
Sesungguhnya masjid-masjid itu milik Allah, karena itu, janganlah berdoa kepada seorang-pun, disamping kita juga berdoa kepada Allah.” (QS. Al-Jin: 18).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menegaskan,
الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَة
Doa adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, no.1479)
Orang yang berdoa kepada penghuni kubur, meskipun dia berkeyakinan bahwa yang nantinya mengabulkan doa adalah Allah, sejatinya orang ini telah terjebak dalam kesyirikan. Karena perbuatan ini berarti memberikan bentuk peribadatan kepada selain Allah.
Inilah model kesyirikan masyarakat jahiliyah, sebagaimana yang Allah ceritakan:
وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى
Orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata), ‘Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya’.” (QS. Az-Zumar: 3)
Mereka yakin bahwa Allah-lah yang mengabulkan doa, yang memutuskan perkara, karena itu maksud mereka berdoa kepada selain Allah bukan karena keyakinan mereka yang mengabulkan doa, tapi karena keyakinan merekalah yang akan mendekatkan doanya kepada Allah.
Kedua, keyakinan bahwa penghuni kubur bisa mengabulkan doa.
Keyakinan ini sama halnya dengan menyamakan makhluk dengan Allah dalam hal pengabulan doa, ini jelas kesyirikan dengan sepakat kaum muslimin. Oleh karena itu, jika ada orang yang berdoa kepada penghuni kubur dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa, maka orang ini melakukan dua bentuk kesyirikan:
Syirik karena berdoa kepada selain Allah.
Syirik karena keyakinan bahwa mereka bisa mengabulkan doa.
Kita memohon kepada Allah, agar Dia melindungi kita dari segala bentuk kesyirikan, yang nampak maupun yang samar.
Allah a’lam
Segala puji bagi Allah yang telah mengumpulkan kita dalam barisan orang-orang yang beriman. Kami memohon kepada Allah agar kita semua diberi kekuatan untuk bisa istiqomah di atas tauhid sampai mati.
Semua umat Islam sepakat bahwa syirik adalah dosa yang sangat besar, yang tidak akan Allah ampuni jika dibawa sampai mati dan pelakunya belum bertaubat.
Namun sayangnya banyak orang yang tidak memahami pengertian yang tepat tentang syirik. Akibatnya, banyak orang yang melakukan perbuatan syirik namun dia tidak merasa kalau dirinya telah melakukan kesyirikan.
Bahkan yang lebih menyedihkan, ada orang yang melakukan kesyirikan namun dia merasa sedang melakukan ibadah. Sehingga sangat sulit bagi orang yang terjerumus ke dalam perbuatan ini untuk diingatkan. Karena bagaimana mungkin perbuatannya bisa disalahkan sementara dia meyakini bahwa dirinya sedang mendapatkan pahala dengan perbuatannya.
Kita ucapkan innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, ada musibah besar yang menimpa kaum muslimin; melakukan perbuatan yang mendatangkan murka Allah namun dia merasa sedang mendapatkan pahala dari Allah.
Allah berfirman,
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا
Katakanlah (wahai Muhammad): apakah telah kami sampaikan kepada kalian tentang orang yang paling rugi perbuatannya? Mereka itulah orang-orang yang sesat amal perbuatan mereka di dunia sementara mereka bahwa diri mereka sedang berbuat kebaikan.” (QS. Al Kahfi: 103-104)
Sungguh benar apa yang disebutkan dalam sebuah hadis:
الشرك في هذه الأمة أخفى من دبيب النمل
Sesungguhnya syirik pada umat ini (umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam) lebih samar dari pada jejak semut.” (disebutkan oleh Syaikhul Islam dalam kitab Al-Iman dan dinilai shahih oleh Al-Albani).
Betapa tersembunyi dan samarnya gambaran syirik yang disampaikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika hanya dilihat secara selintas tanpa diamati dengan seksama, maka tidak mungkin orang akan bisa melihatnya. Karena itulah banyak di antara kaum muslimin yang terjerumus ke dalamnya. Namun, sayangnya banyak orang yang dirinya merasa aman dari kesyirikan. Hanya kepada Allah kita berlindung.
Pengertian Syirik
Untuk memahami hakikat syirik, terlebih dahulu kami sampaikan pengertian syirk. Secara bahasa syirik artinya menduakan atau menggolongkan sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Sedangkan secara istilah, ada beberapa pengertian yang disampaikan oleh para ulama. Definisi yang paling bagus adalah definisi yang dibawakan oleh Syaikh Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim dalam catatan beliau untuk kitab tauhid, beliau memberi keterangan bahwa
تسوية غير الله بالله في شيء من خصائص الله
“Syirik adalah menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang menjadi sifat khusus bagi Allah.”
Allah berfirman menceritakan teriakan orang musyrik ketika di akhirat,
تَاللَّهِ إِنْ كُنَّا لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعَالَمِينَ
Demi Allah, sesungguhnya kami dulu (di dunia) berada dalam kesesatan yang nyata. Karena kami mempersekutukan kalian (para sesembahan selain Allah) dengan Rab semesta alam.” (QS. As-Syu’ara: 97 – 98)
Ketika ada makhluk yang derajatnya diangkat tinggi-tinggi, sehingga berada pada derajat yang setara dengan Allah, itulah syirik. Ketika ada makhluq yang dijadikan sebagai sandaran dalam berdoa, atau membantu mewujudkan keinginan, itulah syirik. Karena doa dan permohonan yang mampu dikabulkan oleh Allah, hanya boleh ditujukan kepada Allah.
Barangsiapa yang memberikan doa ini kepada selain Allah, siapa pun orangnya, maka dia berarti telah merampas hak khusus Allah. Itu sebabnya, syirik merupakan tindakan kezhaliman yang paling besar, karena syirik telah merampas hak Dzat Yang Maha Besar, yaitu Allah Ta’ala. Allah berfirman menceritakan nasihat Luqman,
يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Wahai anakku, jangan menyekutukan Allah. Karena syirik adalah kezaliman yang besar.” (QS. Al-Isra: 13)
Fenomena UN
Satu peristiwa yang sangat mencengangkan, ketika teror nasional UN datang, ratusan siswa justru mengadu ke kuburan. Di saat mereka sangat membutuhkan pertolongan, di saat mereka sangat membutuhkan bantuan, di saat mereka sangat mengharapkan keberhasilan, di saat mereka harus mendekatkan diri kepada Allah, di saat mereka harus berusaha mencari ridha Allah, namun sangat disayangkan, mereka justru mendekatkan diri kepada makhluk, mereka justru mengundang murka Allah, berbagai macam ritual yang mereka lakukan, tidak mencerminkan keinginan mereka untuk menaruh harapan kepada Allah.
Makam Abdurrahman Wahid di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, dalam sepekan terakhir ini dipadati para pelajar yang datang dari berbagai daerah. Mereka datang memanjatkan doa agar lulus dalam ujian nasional (UN).
Para siswa di Kudus, Jawa Tengah, juga tidak lupa berziarah ke makam Sunan Kudus. Mereka berharap agar diberikan kekuatan mental dan spiritual sehingga dapat menyelesaikan soal UN dengan baik.
Ritual mencuci kaki ibu dijalani siswa di Jambi. Pengalaman spiritual yang merevitalisasi kedekatan hubungan batin antara ibu dan anaknya tersebut diharapkan memberikan suntikan semangat pada setiap siswa untuk berjuang keras menyelesaikan ujian nasional.
Hampir serupa, siswa di Nganjuk, Jawa Timur, menjalani ritual sungkeman sambil membasuhkan air bunga ke kaki guru. Para siswa juga meminta maaf kepada adik-adik kelas mereka layaknya ritual bermaaf-maafan saat Lebaran.
[http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/16/313143/265/114/Siswa-Mengadu-ke-Kuburan-Hadapi-UN]
Anda sebagai seorang muslim tentu paham, ketika seseorang sangat membutuhkan pertolongan Allah, seharusnya yang dia lakukan adalah rajin shalat, atau rajin tahajud, atau puasa sunah, atau sedekah, atau amal ibadah lainnya.
Agar tidak terlalu panjang lebar, kita fokuskan pembahasan untuk hukum berdoa di kuburan. Jika kita memperhatikan ritual doa yang dilakukan masyarakat ketika ziarah kubur, berdoa di kuburan bisa kita kelompokkan menjadi empat macam;
Pertama: Mendoakan penghuni kubur
Kedua: Berdoa dengan meminta kepada Allah di kuburan, karena keyakinan agar lebih mustajab.
Ketiga: Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan Allah-lah yang mengabulkan, sementara penghuni kubur hanya perantara.
Keempat: Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa.
Dari keempat ritual doa di atas, hanya satu yang dituntunkan dalam syariah, mendoakan penghuni kubur. Inilah yang disyariatkan. Sebagaimana kita sepakati, orang yang sudah meninggal, dia tidak lagi mampu menambah amal. Dan andaikan mayit diberi kesempatan untuk hidup sekejap saja, niscaya akan mereka gunakan untuk melakukan amal yang bisa menyelamatkan mereka dari adzab atau amal yang semakin meningkatkan derajat mereka.
Allah menceritakan keadaan penghuni kubur yang menyesal setelah menjumpai kematian,
حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ ( ) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mukminun: 99 – 100)
Dalam hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas, dinyatakan,
ما الميت في القبر إلا كالغريق المتغوث ، ينتظر دعوة تلحقه من أب أو أم أو أخ أو صديق ، فإذا لحقته كانت أحب إليه من الدنيا وما فيها ، … وإن هدية الأحياء إلى الأموات الاستغفار لهم
“Mayit dalam kuburnya, seperti orang tenggelam yang butuh pertolongan, mereka menunggu doa yang dipanjatkan oleh ayahnya atau ibunya atau saudaranya atau temannya. Jika dia mendapatkan doa, maka itu lebih dia cintai dari pada dunia seisinya. Sesungguhnya hadiah berharga dari orang hidup kepada orang mati adalah permohonan ampun untuk mereka.” (HR. Baihaqi, no.7527)
Hadis ini mengisyaratkan betapa butuhnya mereka terhadap doa kita. Mereka sangat menantikan permintaan ampunan kita kepada Allah. Karena itulah, Islam mengajarkan agar kita lebih banyak mendoakan mereka, dan bukan sebaliknya. Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada istrinya tercinta, A’isyah radhiallahu ‘anha, ketika beliau bertanya,
كَيْفَ أَقُولُ لَهُمْ يَا رَسُولَ اللهِ؟
Apa yang harus aku ucapkan untuk mereka (penghuni kubur), ya Rasulullah?
Beliau menjawab,
قُولِي: السَّلَامُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، …
Ucapkanlah, Assalaamu ‘alaa ahli diyaar… dst.” (HR. Muslim, no.974)
Ritual yang kedua:
Berdoa dengan meminta kepada Allah di kuburan, karena keyakinan agar lebih mustajab
Perbuatan ini, meskipun bukan termasuk kesyirikan, tapi setidaknya ini adalah cara mencari berkah yang salah. Karena kuburan bukanlah tempat yang berkah. Jika kita berharap agar doa kita dikabulkan, seharusnya doa itu dilakukan di masjid, karena inilah tempat yang paling dicintai Allah.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا
Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid.” (HR. Muslim, no.671)
Karena masjid adalah tempat yang paling dicintai Allah maka itulah peluang besar agar doa kita dikabulkan oleh Allah.
Sebaliknya, kuburan bukanlah tempat untuk ibadah. Dalam banyak hadis, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kaum muslimin shalat di kuburan. Beliau bersabda,
لَا تُصَلُّوا إِلَى الْقُبُورِ، وَلَا تَجْلِسُوا عَلَيْهَا
Jangan shalat menghadap ke kuburan dan jangan duduk di atas kuburan.” (HR. Muslim, no.972)
Beliau juga mengontraskan antara rumah dengan kuburan, dan beliau anjurkan agar menjadikan rumah sebagai tempat membaca Alquran:
لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ
Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim, 780)
Agar rumah kita tidak seperti kuburan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi bimbingan agar dalam rumah kita, rajin-rajin dibacakan Alquran, terutama surat Al-Baqarah.
Sementara untuk dua ritual terakhir:
Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan Allah-lah yang mengabulkan, sementara penghuni kubur hanya perantara.”
“Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa.”
Dua ritual ini bisa kita tegaskan sebagai perbuatan kesyirikan. Karena inilah kesyirikan masyarakat jahiliyah. Meskipun dia berkeyakinan bahwa yang mengabulkan doa hanya Allah, sementara penghuni kubur hanya perantara. Pada dua ritual di atas, ada dua kasus yang perlu dibedakan;
Meminta sesuatu yang hanya mungkin dikabulkan oleh Allah, namun ditujukan kepada selain Allah (penghuni kubur).
Keyakinan Bahwa Penghuni Kubur Bisa Mengabulkan Doa
Pertama, berdoa, meminta sesuatu yang hanya mungkin dikabulkan oleh Allah, namun ditujukan kepada selain Allah (penghuni kubur).
Kita semua paham bahwa doa termasuk ibadah. Karena itu, jika doa ini ditujukan kepada selain Allah, maka itu sama halnya dengan mensejajarkan makhluk yang dimintai doa dengan Allah, dan itu kesyirikan. Hal ini sebagaimana yang Allah tegaskan dalam banyak ayat. Di antaranya, firman Allah,
وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا
Sesungguhnya masjid-masjid itu milik Allah, karena itu, janganlah berdoa kepada seorang-pun, disamping kita juga berdoa kepada Allah.” (QS. Al-Jin: 18).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menegaskan,
الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَة
Doa adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, no.1479)
Orang yang berdoa kepada penghuni kubur, meskipun dia berkeyakinan bahwa yang nantinya mengabulkan doa adalah Allah, sejatinya orang ini telah terjebak dalam kesyirikan. Karena perbuatan ini berarti memberikan bentuk peribadatan kepada selain Allah.
Inilah model kesyirikan masyarakat jahiliyah, sebagaimana yang Allah ceritakan:
وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى
Orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata), ‘Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya’.” (QS. Az-Zumar: 3)
Mereka yakin bahwa Allah-lah yang mengabulkan doa, yang memutuskan perkara, karena itu maksud mereka berdoa kepada selain Allah bukan karena keyakinan mereka yang mengabulkan doa, tapi karena keyakinan merekalah yang akan mendekatkan doanya kepada Allah.
Kedua, keyakinan bahwa penghuni kubur bisa mengabulkan doa.
Keyakinan ini sama halnya dengan menyamakan makhluk dengan Allah dalam hal pengabulan doa, ini jelas kesyirikan dengan sepakat kaum muslimin. Oleh karena itu, jika ada orang yang berdoa kepada penghuni kubur dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa, maka orang ini melakukan dua bentuk kesyirikan:
Syirik karena berdoa kepada selain Allah.
Syirik karena keyakinan bahwa mereka bisa mengabulkan doa.
Kita memohon kepada Allah, agar Dia melindungi kita dari segala bentuk kesyirikan, yang nampak maupun yang samar.
Allah a’lam
Segala puji bagi Allah yang telah mengumpulkan kita dalam barisan orang-orang yang beriman. Kami memohon kepada Allah agar kita semua diberi kekuatan untuk bisa istiqomah di atas tauhid sampai mati.
Semua umat Islam sepakat bahwa syirik adalah dosa yang sangat besar, yang tidak akan Allah ampuni jika dibawa sampai mati dan pelakunya belum bertaubat.
Namun sayangnya banyak orang yang tidak memahami pengertian yang tepat tentang syirik. Akibatnya, banyak orang yang melakukan perbuatan syirik namun dia tidak merasa kalau dirinya telah melakukan kesyirikan.
Bahkan yang lebih menyedihkan, ada orang yang melakukan kesyirikan namun dia merasa sedang melakukan ibadah. Sehingga sangat sulit bagi orang yang terjerumus ke dalam perbuatan ini untuk diingatkan. Karena bagaimana mungkin perbuatannya bisa disalahkan sementara dia meyakini bahwa dirinya sedang mendapatkan pahala dengan perbuatannya.
Kita ucapkan innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, ada musibah besar yang menimpa kaum muslimin; melakukan perbuatan yang mendatangkan murka Allah namun dia merasa sedang mendapatkan pahala dari Allah.
Allah berfirman,
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا
Katakanlah (wahai Muhammad): apakah telah kami sampaikan kepada kalian tentang orang yang paling rugi perbuatannya? Mereka itulah orang-orang yang sesat amal perbuatan mereka di dunia sementara mereka bahwa diri mereka sedang berbuat kebaikan.” (QS. Al Kahfi: 103-104)
Sungguh benar apa yang disebutkan dalam sebuah hadis:
الشرك في هذه الأمة أخفى من دبيب النمل
Sesungguhnya syirik pada umat ini (umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam) lebih samar dari pada jejak semut.” (disebutkan oleh Syaikhul Islam dalam kitab Al-Iman dan dinilai shahih oleh Al-Albani).
Betapa tersembunyi dan samarnya gambaran syirik yang disampaikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika hanya dilihat secara selintas tanpa diamati dengan seksama, maka tidak mungkin orang akan bisa melihatnya. Karena itulah banyak di antara kaum muslimin yang terjerumus ke dalamnya. Namun, sayangnya banyak orang yang dirinya merasa aman dari kesyirikan. Hanya kepada Allah kita berlindung.
Pengertian Syirik
Untuk memahami hakikat syirik, terlebih dahulu kami sampaikan pengertian syirk. Secara bahasa syirik artinya menduakan atau menggolongkan sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Sedangkan secara istilah, ada beberapa pengertian yang disampaikan oleh para ulama. Definisi yang paling bagus adalah definisi yang dibawakan oleh Syaikh Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim dalam catatan beliau untuk kitab tauhid, beliau memberi keterangan bahwa
تسوية غير الله بالله في شيء من خصائص الله
“Syirik adalah menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang menjadi sifat khusus bagi Allah.”
Allah berfirman menceritakan teriakan orang musyrik ketika di akhirat,
تَاللَّهِ إِنْ كُنَّا لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعَالَمِينَ
Demi Allah, sesungguhnya kami dulu (di dunia) berada dalam kesesatan yang nyata. Karena kami mempersekutukan kalian (para sesembahan selain Allah) dengan Rab semesta alam.” (QS. As-Syu’ara: 97 – 98)
Ketika ada makhluk yang derajatnya diangkat tinggi-tinggi, sehingga berada pada derajat yang setara dengan Allah, itulah syirik. Ketika ada makhluq yang dijadikan sebagai sandaran dalam berdoa, atau membantu mewujudkan keinginan, itulah syirik. Karena doa dan permohonan yang mampu dikabulkan oleh Allah, hanya boleh ditujukan kepada Allah.
Barangsiapa yang memberikan doa ini kepada selain Allah, siapa pun orangnya, maka dia berarti telah merampas hak khusus Allah. Itu sebabnya, syirik merupakan tindakan kezhaliman yang paling besar, karena syirik telah merampas hak Dzat Yang Maha Besar, yaitu Allah Ta’ala. Allah berfirman menceritakan nasihat Luqman,
يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Wahai anakku, jangan menyekutukan Allah. Karena syirik adalah kezaliman yang besar.” (QS. Al-Isra: 13)
Fenomena UN
Satu peristiwa yang sangat mencengangkan, ketika teror nasional UN datang, ratusan siswa justru mengadu ke kuburan. Di saat mereka sangat membutuhkan pertolongan, di saat mereka sangat membutuhkan bantuan, di saat mereka sangat mengharapkan keberhasilan, di saat mereka harus mendekatkan diri kepada Allah, di saat mereka harus berusaha mencari ridha Allah, namun sangat disayangkan, mereka justru mendekatkan diri kepada makhluk, mereka justru mengundang murka Allah, berbagai macam ritual yang mereka lakukan, tidak mencerminkan keinginan mereka untuk menaruh harapan kepada Allah.
Makam Abdurrahman Wahid di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, dalam sepekan terakhir ini dipadati para pelajar yang datang dari berbagai daerah. Mereka datang memanjatkan doa agar lulus dalam ujian nasional (UN).
Para siswa di Kudus, Jawa Tengah, juga tidak lupa berziarah ke makam Sunan Kudus. Mereka berharap agar diberikan kekuatan mental dan spiritual sehingga dapat menyelesaikan soal UN dengan baik.
Ritual mencuci kaki ibu dijalani siswa di Jambi. Pengalaman spiritual yang merevitalisasi kedekatan hubungan batin antara ibu dan anaknya tersebut diharapkan memberikan suntikan semangat pada setiap siswa untuk berjuang keras menyelesaikan ujian nasional.
Hampir serupa, siswa di Nganjuk, Jawa Timur, menjalani ritual sungkeman sambil membasuhkan air bunga ke kaki guru. Para siswa juga meminta maaf kepada adik-adik kelas mereka layaknya ritual bermaaf-maafan saat Lebaran.
[http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/16/313143/265/114/Siswa-Mengadu-ke-Kuburan-Hadapi-UN]
Anda sebagai seorang muslim tentu paham, ketika seseorang sangat membutuhkan pertolongan Allah, seharusnya yang dia lakukan adalah rajin shalat, atau rajin tahajud, atau puasa sunah, atau sedekah, atau amal ibadah lainnya.
Agar tidak terlalu panjang lebar, kita fokuskan pembahasan untuk hukum berdoa di kuburan. Jika kita memperhatikan ritual doa yang dilakukan masyarakat ketika ziarah kubur, berdoa di kuburan bisa kita kelompokkan menjadi empat macam;
Pertama: Mendoakan penghuni kubur
Kedua: Berdoa dengan meminta kepada Allah di kuburan, karena keyakinan agar lebih mustajab.
Ketiga: Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan Allah-lah yang mengabulkan, sementara penghuni kubur hanya perantara.
Keempat: Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa.
Dari keempat ritual doa di atas, hanya satu yang dituntunkan dalam syariah, mendoakan penghuni kubur. Inilah yang disyariatkan. Sebagaimana kita sepakati, orang yang sudah meninggal, dia tidak lagi mampu menambah amal. Dan andaikan mayit diberi kesempatan untuk hidup sekejap saja, niscaya akan mereka gunakan untuk melakukan amal yang bisa menyelamatkan mereka dari adzab atau amal yang semakin meningkatkan derajat mereka.
Allah menceritakan keadaan penghuni kubur yang menyesal setelah menjumpai kematian,
حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ ( ) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mukminun: 99 – 100)
Dalam hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas, dinyatakan,
ما الميت في القبر إلا كالغريق المتغوث ، ينتظر دعوة تلحقه من أب أو أم أو أخ أو صديق ، فإذا لحقته كانت أحب إليه من الدنيا وما فيها ، … وإن هدية الأحياء إلى الأموات الاستغفار لهم
“Mayit dalam kuburnya, seperti orang tenggelam yang butuh pertolongan, mereka menunggu doa yang dipanjatkan oleh ayahnya atau ibunya atau saudaranya atau temannya. Jika dia mendapatkan doa, maka itu lebih dia cintai dari pada dunia seisinya. Sesungguhnya hadiah berharga dari orang hidup kepada orang mati adalah permohonan ampun untuk mereka.” (HR. Baihaqi, no.7527)
Hadis ini mengisyaratkan betapa butuhnya mereka terhadap doa kita. Mereka sangat menantikan permintaan ampunan kita kepada Allah. Karena itulah, Islam mengajarkan agar kita lebih banyak mendoakan mereka, dan bukan sebaliknya. Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada istrinya tercinta, A’isyah radhiallahu ‘anha, ketika beliau bertanya,
كَيْفَ أَقُولُ لَهُمْ يَا رَسُولَ اللهِ؟
Apa yang harus aku ucapkan untuk mereka (penghuni kubur), ya Rasulullah?
Beliau menjawab,
قُولِي: السَّلَامُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، …
Ucapkanlah, Assalaamu ‘alaa ahli diyaar… dst.” (HR. Muslim, no.974)
Ritual yang kedua:
Berdoa dengan meminta kepada Allah di kuburan, karena keyakinan agar lebih mustajab
Perbuatan ini, meskipun bukan termasuk kesyirikan, tapi setidaknya ini adalah cara mencari berkah yang salah. Karena kuburan bukanlah tempat yang berkah. Jika kita berharap agar doa kita dikabulkan, seharusnya doa itu dilakukan di masjid, karena inilah tempat yang paling dicintai Allah.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا
Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid.” (HR. Muslim, no.671)
Karena masjid adalah tempat yang paling dicintai Allah maka itulah peluang besar agar doa kita dikabulkan oleh Allah.
Sebaliknya, kuburan bukanlah tempat untuk ibadah. Dalam banyak hadis, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kaum muslimin shalat di kuburan. Beliau bersabda,
لَا تُصَلُّوا إِلَى الْقُبُورِ، وَلَا تَجْلِسُوا عَلَيْهَا
Jangan shalat menghadap ke kuburan dan jangan duduk di atas kuburan.” (HR. Muslim, no.972)
Beliau juga mengontraskan antara rumah dengan kuburan, dan beliau anjurkan agar menjadikan rumah sebagai tempat membaca Alquran:
لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ
Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim, 780)
Agar rumah kita tidak seperti kuburan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi bimbingan agar dalam rumah kita, rajin-rajin dibacakan Alquran, terutama surat Al-Baqarah.
Sementara untuk dua ritual terakhir:
Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan Allah-lah yang mengabulkan, sementara penghuni kubur hanya perantara.”
“Berdoa dengan meminta kepada penghuni kubur, dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa.”
Dua ritual ini bisa kita tegaskan sebagai perbuatan kesyirikan. Karena inilah kesyirikan masyarakat jahiliyah. Meskipun dia berkeyakinan bahwa yang mengabulkan doa hanya Allah, sementara penghuni kubur hanya perantara. Pada dua ritual di atas, ada dua kasus yang perlu dibedakan;
Meminta sesuatu yang hanya mungkin dikabulkan oleh Allah, namun ditujukan kepada selain Allah (penghuni kubur).
Keyakinan Bahwa Penghuni Kubur Bisa Mengabulkan Doa
Pertama, berdoa, meminta sesuatu yang hanya mungkin dikabulkan oleh Allah, namun ditujukan kepada selain Allah (penghuni kubur).
Kita semua paham bahwa doa termasuk ibadah. Karena itu, jika doa ini ditujukan kepada selain Allah, maka itu sama halnya dengan mensejajarkan makhluk yang dimintai doa dengan Allah, dan itu kesyirikan. Hal ini sebagaimana yang Allah tegaskan dalam banyak ayat. Di antaranya, firman Allah,
وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا
Sesungguhnya masjid-masjid itu milik Allah, karena itu, janganlah berdoa kepada seorang-pun, disamping kita juga berdoa kepada Allah.” (QS. Al-Jin: 18).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menegaskan,
الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَة
Doa adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, no.1479)
Orang yang berdoa kepada penghuni kubur, meskipun dia berkeyakinan bahwa yang nantinya mengabulkan doa adalah Allah, sejatinya orang ini telah terjebak dalam kesyirikan. Karena perbuatan ini berarti memberikan bentuk peribadatan kepada selain Allah.
Inilah model kesyirikan masyarakat jahiliyah, sebagaimana yang Allah ceritakan:
وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى
Orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata), ‘Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya’.” (QS. Az-Zumar: 3)
Mereka yakin bahwa Allah-lah yang mengabulkan doa, yang memutuskan perkara, karena itu maksud mereka berdoa kepada selain Allah bukan karena keyakinan mereka yang mengabulkan doa, tapi karena keyakinan merekalah yang akan mendekatkan doanya kepada Allah.
Kedua, keyakinan bahwa penghuni kubur bisa mengabulkan doa.
Keyakinan ini sama halnya dengan menyamakan makhluk dengan Allah dalam hal pengabulan doa, ini jelas kesyirikan dengan sepakat kaum muslimin. Oleh karena itu, jika ada orang yang berdoa kepada penghuni kubur dengan keyakinan dia bisa mengabulkan doa, maka orang ini melakukan dua bentuk kesyirikan:
Syirik karena berdoa kepada selain Allah.
Syirik karena keyakinan bahwa mereka bisa mengabulkan doa.
Kita memohon kepada Allah, agar Dia melindungi kita dari segala bentuk kesyirikan, yang nampak maupun yang samar.
Allah a’lam


Baca Selengkapnya »